Dorong Millenial Belajar Strategi, Wartawan Nganjuk Gelar Turnamen Catur PWI Cup II

Turnamen catur PWI Cup II tahun 2019 melibatkan atlit tingkat SMP se-Kabupaten Nganjuk (foto : dok. PWI Nganjuk)

Ahad 3 November 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk sukses menggelar turnamen catur tingkat SMP dan sederajat, Sabtu 2 November 2019 di Pendopo Pemkab Nganjuk.

Lebih dari 100 peserta ikut ambil bagian dalam turnamen bertajuk PWI Cup II tahun 2019 tersebut. Mereka terdiri dari atlit pelajar putra dan putri, dari 50 SMP se-Kabupaten Nganjuk.

Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi yang hadir langsung membuka pelaksanaan turnamen, sangat mengapresiasi PWI Nganjuk yang telah menggelar kegiatan positif ini.

Marhaen menilai, turnamen catur tingkat SMP se-Kabupaten Nganjuk ini bisa memunculkan pecatur-pecatur handal dari kalangan pelajar. Sekaligus, mengurangi kesempatan remaja untuk berkegiatan yang tidak produktif.

Dalam menggelar turnamen catur PWI Cup II tahun 2019, PWI Nganjuk bekerjasama dengan Disdik Nganjuk dan Percasi Nganjuk (foto : dok. PWI Nganjuk)

"Saya mendukung penuh kegiatan semacam ini. Berikutnya, mungkin bisa dikembangkan turnamen tingkat provinsi," ujar Marhaen.

Untuk diketahui, turnamen catur PWI Cup II merupakan agenda tahunan PWI Nganjuk. Tahun ini adalah gelaran kedua, yang secara khusus melibatkan adik-adik pelajar tingkat SMP.

Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca mengatakan, kesuksesan turnamen ini berkat kerjasama solid PWI Nganjuk dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Percasi Nganjuk, dan seluruh SMP yang di Kabupaten Nganjuk.

Lomba catur ini disebutnya bertujuan untuk mendorong generasi muda, terutama pelajar, untuk mencintai catur dan belajar strategi melalui permainan catur. Antara lain cara menyerang, mengatur strategi, memprediksi langkah lawan, dan berani berspekulasi yang diperhitungkan.

"Namun dalam catur ada kejujuran dan fairplay, untuk bisa memenangkan permainan tetap harus mengikuti peraturan yang ada," ujar Andik.

Ketua Panitia Turnamen Catur PWI Cup II, Achmad Syarwani menambahkan, sistem turnamen menggunakan Swiss Perfect. Untuk kelompok putri dengan jumlah peserta 32 menggunakan 5 babak. Sedangkan peserta putra berjumlah 64 kita menggunakan 6 babak.

"Sehingga penilaian dan penentuan juaranya dipastikan akan berjalan dengan adil," kata Syarwani.

Sementara itu, Priyatmoko selaku juri turnamen catur berharap, kegiatan ini bisa mendorong atlit pelajar untuk terus berprestasi di tingkat provinsi bahkan nasional.

Di akhir turnamen, dewan juri akhirnya menentukan juara 1, 2, 3 serta juara harapan 1 dan 2, dari kategori putra dan putri. Mereka berhak mendapatkan trofi, uang pembinaan, dan piagam penghargaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk.

Berikut ini daftar para juara Turnamen Catur PWI Cup II :

Juara Putra :

Juara Putri :

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname