Dispendukcapil Nganjuk Terima 10 Ribu Keping Material e-KTP

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk Zabanudin

Senin 13 Januari 2020
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk baru-baru ini mendapatkan material e-KTP dari Kemendagri, sebanyak 10 ribu keping.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk Zabanudin mengatakan, diterimanya 10 ribu keping material e-KTP untuk Kabupaten Nganjuk diluar perkiraan di awal tahun 2020 ini. Karena biasanya setiap bulan Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk selalu menerima material e-KTP sebanyak 500 keping saja.

"Awalnya perkiraan kami hanya akan mendapatkan material e-KTP untuk bulan Januari 2020 sebanyak 2000 keping saja. Ternyata mendapatkan 10 ribu keping. Syukur Alhamdulillah bisa mengurangi jumlah pemegang suket e-KTP sekitar 80 persen di Kabupaten Nganjuk," kata Zabanudin, dikonfirmasi Ahad 12 Januari 2020.

Dijelaskan Zabanudin, dengan sudah adanya material EKTP tersebut diharapkan warga pemegang Suket EKTP untuk datang sendiri kantor layanan Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk untuk mendapatkan EKTP asli. Ini karena tidak ada biaya sama sekali atau gratis untuk mendapatkan EKTP, termasuk KK dan Akta kelahiran.

"Makanya, kami imbau warga tidak perlu meminta seseorang menguruskan EKTP atau dokumen kependudukan lainya di kantor Dispendukcapil. Bahkan, jika ada seseorang yang meminta biaya menawarkan jasa menguruskan dokumen kependudukan bisa dilaporkan ke Polisi karena masuk percaloan," ucap Zabanudin.

Hanya saja, dikatakan Zabanudin, pihaknya mengharapkan warga yang menukarkan Suket EKTP tidak datang bersamaan dalam satu hari ke kantor layanan Dispendukcapil. Ini dikarenakan hingga kini jumlah pemegang Suket EKTP dari Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk jumlahnya mencapai sekitar 12 ribu orang.

Disamping itu, menurut Zabanudin, dalam sehari kapasitas pelayanan EKTP Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk saat ini mencapai maksimal 2.000 per hari. Dan itupun dipastikan pelayanan pencetakan EKTP hingga larut malam.

Memang, diakui Zabanudin, pihaknya bertekad untuk terus mengurangi daftar antrian EKTP di Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk. Karena setiap bulan jumlah pencari EKTP dengan ketersediaan material EKTP masih tidak seimbang. Untuk itu, pihaknya akan terus mengusulkan dan meminta tambahan material EKTP ke Kemendagri lebih banyak hingga seluruh daftar antrian EKTP di Kabupaten Nganjuk teratasi semuanya.

"Untuk itu, kami bulan depan akan kembali datang sendiri meminta dan mengambil material EKTP ke Jakarta sehingga diharapkan material EKTP di Dispendukcapil tidak selalu mengalami kekurangan," tutur Zabanudin.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname