Gara-Gara Sesak Nafas Usai Kunjungi Tiongkok, TKW Nganjuk Dipulangkan oleh Majikan

Yana saat ditemui sejumlah wartawan di rumahnya, pada Selasa 11 Februari 2020 (foto : ist)

Selasa 11 Februari 2020
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Fathu Khoiruyyana, 31 tahun, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Hongkong asal Desa Kelutan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, mendadak dipulangkan oleh majikannya ke tanah air.

Rupanya, sang majikan di Hongkong khawatir dan curiga, bahwa wanita muda tersebut terjangkit virus Corona. TKW tersebut sempat diperiksa ke rumah sakit Hongkong karena mengeluh sesak nafas, usai berkunjung ke Negara Tiongkok selama tiga hari.

Dalam wawancara dengan sejumlah wartawan di rumahnya, Selasa 11 Februari 2020, wanita yang akrab disapa Yana tersebut mengaku kini sedang menjalani masa observasi hingga 14 hari, oleh tim Dinas Kesehatan Pemkab Nganjuk.

Sejak tiba di rumahnya hari Senin petang, 10 Februari 2020 lalu, Yana harus selalu mengenakan masker atas perintah tim medis.

Awalnya, pada tanggal 25 Januari 2020 lalu Yana bersama majikannya sekeluarga bepergian ke Tiongkok dari Hongkong, untuk merayakan Imlek. Setelah tiga hari di negeri tirai bambu, tepatnya tanggal 27 Januari 2020 lalu, Yana bersama majikannya sekeluarga kembali ke Hongkong.

Sehari setelah pulang dari Tiongkok, Yana mengalami sesak nafas, panas, nyeri dada, batuk, dan pilek. Kondisi ini di alaminya hingga satu minggu, tepatnya tanggal 4 Februari 2020 tidak di laporkan ke majikannya.

Puncaknya, pada tanggal 5 Februari Yana mengalami sesak dan nyeri dada hingga tembus punggung. Setelah memberanikan diri melapor ke majikan, akhirnya dia dibawa ke dokter untuk periksa. Saat tiba di dokter pertama, dia ditolak untuk diperiksa karena ada riwayat habis bepergian dari China.

Saat di dokter kedua, dia tidak memberi tahu bahwa ada riwayat baru saja dari Tiongkok. Sehingga dia diperiksa, dan hasil diagnosa dinyatakan Maag. Serta disuruh minum obat yang diberikan sang dokter.

Sayangnya, hingga tanggal 8 Februari kondisi Yana tetap saja tidak kembali sehat. Diapun akhirnya diperiksa ke rumah sakit. Pasca periksa dari rumah sakit itulah sang majikan langsung mengantarkan Yana pulang ke agen TKI. Sehari kemudian, dia di pulangkan ke Indonesia.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname