PWI Nganjuk Roadshow Goes to School, Beri Diklat Jurnalistik dan Broadcast ke Pelajar

Tim PWI Nganjuk berfoto bersama para peserta diklat jurnalistik di SMP Negeri 1 Berbek, Sabtu 15 Februari 2020 (foto : dok. PWI Nganjuk)

Ahad 16 Februari 2020
by Panji LS

Peringati Hari Pers Nasional (HPN) 2020
matakamera, Nganjuk – Dalam rangka memeperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Persatuan Wartawan Indoneaia (PWI) Nganjuk menggelar Roadshow Goes to School Diklat Jurnalistik dan Broadcast. Kegiatan yang diikuti 30 peserta dari kalangan pelajar tingkat SMP ini digelar di SMP Negeri 1 Berbek, Sabtu 15 Februari 2020.

Hadir dalam  acara tersebut, Kepala SMP Negeri 1 Berbek, Sunarto MPd, Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca dan Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Berbek. Hadir juga sebagai pemateri yaitu Romza wartawan TV One memberikan materi tentang teknik reportase dan Muji Hartono wartawan Harian Koran Memo yang memberikan materi tentang teknik penulisan berita.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 1 Berbek Sunarto MPd mengapresiasi dan menyambut positif kegiatan yang digelar PWI Nganjuk. Diharapkannya, pelatihan tersebut bisa berdampak positif dan bermanfaat bagi pesera didiknya.

“Untuk pelaksanaan kegiatan hari ini, saya berpesan kepada para peserta untuk mengikuti semua materi yang diberikan narasumber dengan harapan ke depan segera bisa kita implementasikan untuk membuat majalah sekolah,” harapnya.

Diakuinya, bahwa majalah sekolah ini penting untuk diwujudkan dalam rangka menuju sekolah Adiwiyata Nasional.


Muji Hartono dari Harian Koran Memo saat memberikan materi tentang teknik penulisan berita

Sementara itu, Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan bahwa kegiatan diklat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HPN tahun 2020.

“Sasaran kegiatan diklat kita hari ini adalah di SMP Negeri 1 Berbek. Agenda jangka pendek, ada lima lembaga sekolah yang sudah kita agendakan. Namun, ada 10 lembaga yang menjadi target kita untuk diberikan diklat,” imbuhnya.

Ia berharap  dengan diklat ini bisa memberikan pemahaman kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar. “Mudah-mudahan, setelah kegiatan hari ini, adik-adik terinspirasi  dan semangat untuk belajar tentang dunia jurnalis,” katanya lagi.

Andik juga berpesan kepada seluruh wartawan di Nganjuk untuk selalu menjaga kekompakan. ”Selain itu, dalam menjalankan profesinya, wartawan harus berintegritas dan berpegang tegung pada Undang-undang Pers no 40 dan kode etik jurnalistik,” pungkasnya.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname