Cegah Corona, BNN Kabupaten Nganjuk Turun ke Jalan Bagikan Masker

Petugas dan relawan dari BNN Kabupaten Nganjuk saat membagikan masker kepada tukang becak, di sekitar Jalan Ahmad Yani Nganjuk, Ahad pagi 5 April 2020 (foto : dok. BNNK Nganjuk)

Ahad 5 April 2020
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Upaya menekan penyebaran virus Corona baru, Covid-19, terus dilakukan berbagai pihak. Salah satunya oleh tim Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk, pada Ahad pagi 5 April 2020.

Dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si, mereka dengan sukarela turun ke jalan membagikan masker kepada para pengguna jalan, mulai dari sekitar Kantor BNN Kabupaten Nganjuk di Jalan Dermojoyo, Kelurahan Payaman, Kecamatan Nganjuk Kota, hingga ke sejumlah jalan protokol, seperti Jalan Ahmad Yani dan sekitar Pasar Wage Nganjuk.

Tak kurang dari 350 buah masker dibagikan secara cuma-cuma. Selain itu, petugas BNN Nganjuk juga memberikan edukasi masyarakat, terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BNN Kabupaten Nganjuk, terhadap masyarakat Nganjuk, sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19, serta kami sisipkan juga sosialisasi tentang narkoba," terang AKBP Bambang.

Perwira polisi berpangkat dua melati emas ini mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, tidak panik dengan tetap waspada. "Karena bila kita stres, panik, cemas, imunitas kita juga akan turun, sehingga lebih mudah terserang penyakit," ujarnya.

Dan yang paling penting, menurutnya, melakukan tindakan-tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini dengan melakukan pola hidup bersih, yakni sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, olahraga yang cukup, dan konsumsi vitamin agar imunitas tubuh terjaga.

Lebih lanjut AKBP Bambang menjelaskan, kegiatan ini selain memberikan edukasi kepada masyarakat, juga bertujuan membantu pemerintah guna menekan wabah virus Covid-19 agar tidak semakin menyebar.

"Kami melihat ada kesulitan pada masyarakat untuk mendapatkan masker sehingga kami berinisiatif untuk membagikan masker secara gratis kepada pengguna jalan," imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, masyarakat mematuhi imbauan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Apabila terpaksa melakukan aktivitas di luar rumah agar selalu memakai masker karena berguna sebagai pelindung diri serta meminimalisir kontak dengan orang lain.

Salah seorang pengguna jalan, Sunarto, 45, mengaku sangat berterimakasih kepada para petugas BNN Kabupaten Nganjuk, yang peduli kepada masyarakat dengan memberikan edukasi tentang Covid-19, dan membagikan masker secara gratis di tengah kondisi kelangkaan masker saat ini. (adv)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname