Tangani Covid-19, RSUD Kertosono Siap Beri Pelayanan Prima dan Maksimal

Direktur RSUD Kertosono dr Laksomono Pratignjo

Senin 18 Mei 2020

matakamera, Nganjuk - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kertosono resmi ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19 sejak 10 April 2020, dan mulai membuka pelayanan 18 April 2020. Saat ini rumah sakit tersebut telah melayani beberapa pasien Covid-19, baik yang terkonfirmasi positif maupun berstatus PDP.

Direktur RSUD Kertosono, dr. Laksomono Pratignjo, ketika dikonfirmasi pada Kamis 14 Mei 2020 menjelaskan, sampai sekarang total pasien Covid-19 yang telah ditangani berjumlah 9 orang. Dari jumlah tersebut 4 di antaranya menjalani observasi di rumah, sedangkan yang 5 pasien dirawat di RSUD Kertosono.

“Lima pasien dirawat di sini (rumah sakit), satu di antaranya anak berusia 13 tahun asal Kecamatan Ngronggot yang terkonfirmasi positif. Sedangkan empat pasien sisanya berstatus PDP. Kondisi pasien rata-rata bagus, ini sambil menunggu hasil swab dari laboratorium keluar,” ujar dr Laksomono.

Laksomono mengungkapkan, salah satu tantangan yang dihadapi pihaknya adalah terkait kondisi psikis pasien. Rata-rata pasien merasa sehat sehingga mengaku pengap, tidak betah, kangen keluarga, dan berbagai alasan lain agar bisa segera keluar dari rumah sakit. Karena itu, pihaknya mengupayakan supaya tersedia televisi di setiap ruangan, serta merencanakan aktivitas berjemur sekitar jam 8 sampai 10 pagi di lingkungan khusus.

“Pasien mengaku jenuh diisolasi. Rata-rata keadaan mereka sehat seperti orang normal tanpa keluhan apa-apa, paling kadang-kadang batuk, panas, kalau sudah sembuh ya sudah. Tapi dia masih positif dan harus menunggu hasil swab dari lab. Kalau itu dua kali negatif baru dipulangkan, itupun masih harus menjalani isolasi mandiri di rumah,” paparnya.

Guna memberikan pelayanan prima dan maksimal dalam penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Nganjuk, RSUD Kertosono menyiapkan 8 ruangan dengan 18 tempat tidur, yang rencananya ditambah menjadi 25 tempat tidur.

“Terkait APD untuk karyawan di ruang isolasi semuanya sudah siap. Tenaga medis juga sudah siap dan semangat dalam menyembuhkan pasien,” pungkasnya.

Reporter : Pakde Kamto
Editor : Panji LS
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname