Ini Alasan Para Artis hingga Presiden Jokowi Doyan Minum Jamu


Kamis 18 Juni 2020
by Panji Lanang S

matakamera - Sebagai minuman tradisional, jamu ternyata tetap dibutuhkan banyak orang hingga kini. Bahkan, menjadi trend dan gaya hidup di kalangan anak muda.

Pasalnya, karena minuman warisan leluhur ini selain rasanya nikmat, juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah terjangkit virus, jika rutin mengonsumsinya. Apalagi saat informasi wabah Covid-19 mulai merebak, permintaan minuman jamu pun semakin meningkat.

Sejumlah artis muda ternyata juga suka minum jamu. Contohnya, Ardina Rasti. Dia suka jamu kunyit asam dan beras kencur yang rasanya menyegarkan. Bahkan sejak kecil dirinya sudah dibiasakan minum jamu oleh orangtuanya, walau identik pahit rasanya. Karena doyan, sampai punya anak satu pun, Ardina Rasti masih rajin minum jamu.

Berikutnya, Atiqah Hasiholan. Istri Rio Dewanto ini senang minum jamu saat menjalani perawatan pasca-melahirkan. Dia setiap hari minum ramuan jamu tradisional biar badannya tetap singset. Biasanya jamu yang harus diminum oleh ibu yang baru melahirkan adalah kunyit asam, daun katuk, hingga ramuan sirih. Jenis-jenis itu biasanya diminum hingga 40 hari setelah bersalin.

Artis Vicky Shu, setiap pulang kampung mengaku selalu rajin minum jamu. Adapun jamu favoritnya adalah kunyit asam dan beras kencur yang cenderung manis. Begitu juga dengan Rachel Amanda, artis muda yang gemar meracik jamu buatan sendiri, karena terasa lebih nikmat. Rachel sengaja menjaga kesehatan badannya dengan minum jamu, serta biar terkesan awet muda.

Khasiat Istimewa Temulawak

Ada beragam tanaman yang menjadi bahan baku jamu. Salah satunya adalah temulawak, yang merupakan minuman wajib Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sukardi Rinakit, Staf Khusus Presiden bidang Politik dan Pers, pernah bilang Jokowi rajin mengonsumsi temulawak setiap pagi, sore air kelapa ijo, lalu air daun sirsak pada malam hari.

Kesaktian temulawak juga diakui Profesor Bambang Pujiasmanto, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang mengandung minyak asiri, kurkumin, kamfer, glukosida, phellandrene, turmerol, mycrene, xanthorizol, isofuranogermacreene, p-tolyletycarbinol dan pati.

Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu melindungi organ hati. Selain itu juga bisa memulihkan kondisi gangguan liver.

Kekinian, mengkonsumsi minuman atau jamu temulawak akan sangat membantu daya tahan tubuh. Terutama, untuk melindungi diri dan mencegah paparan virus COVID-19 yang sedang mewabah.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname