Berakar Pesantren, MTsN 1 Nganjuk Kini Jadi Sekolah Unggul dan Kaya Prestasi

Ahad 16 Agustus 2020
Edited by Panji Lanang S

matakamera, Nganjuk - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Nganjuk memiliki riwayat sejarah panjang, yanh berakar dari pendidikan pesantren ahlussunnah wal jamaah. Sehingga, lembaga yang berada di Desa Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk ini sekarang menjelma menjadi sekolah yang unggul dan berprestasi.


MTsN 1 Nganjuk semula bernama MTs Nglawak Kertosono. Pada tahun 1968, K.H. Abdul Fattah Djalalain, pendiri Ponpes Miftahul 'Ula Nglawak, Kertosono, berhasil memperjuangkan MTs Nglawak menjadi madrasah negeri.

Kiai Fattah yang saat itu juga menjadi wakil rakyat, memperjuangkan sampai ke Menteri Agama, K.H.M. Dachlan di Jakarta. Hingga pada 7 Maret 1968, MTs Nglawak resmi berstatus MTs Negeri, bersama dengan Madrasah Aliyah-nya, berdasarkan Dokumen Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 51 Tahun 1968. Saat itu, lokasi MTsAIN dan MAAIN berada di Lingkungan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono.

K.H. Abdul Qadir, Pengasuh Pondok Pesantren Mihtahul Ula mengatakan, awalnya segala sarana prasaran pembelajaran MTsAIN dan MAAIN masih dipinjami tanpa sewa oleh Pondok Pesantren Miftahul Ula.

"Bentuk kerjasama Pondok Pesantren Miftahul Ula dengan MTsAIN sudah berlangsung erat saat itu," ujar Kiai Abdul Qadir.

Kiai Fattah Djalalain wafat pada tahun 1969. Kemudian, perjuangan beliau dalam mengembangkan pendidikan dilanjutkan oleh Kiai Abdul Qadir sendiro, yang merupakan putranya.

Berikutnya, pada 1990, Ponpes Miftahul Ula mencari lahan baru guna pengembangan gedung baru MTsN 1 Nganjuk. Pada 1992, KH Abdul Qadir mendirikan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ula, sebagaimana akta notaris Sri Mulyani, S.H., nomor 03 tanggal 10 September 1992 yang berkedudukan di Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

"Tujuannya untuk melayani masyarakat di bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial, sekaligus untuk memperkuat kerjasama kemitraan dengan lembaga pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ula," ujar Kiai Abdul Qadir.


Ada dua unit lembaga pendidikan yang menjadi mitra Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ula, yaitu MTsN 1 Nganjuk dan MAN 1 Nganjuk. Sedangkan, unit yang menjadi milik Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ula secara langsung, antara lain: MTs Miftahul Ula, MA Miftahul Ula, SMK Al-Fattah, STAI Miftahul Ula, Madin Miftahul Ula, dan beberapa Asrama Pesantren.

K.H. Abdul Qadir mengatakan, bahwa semua unit lembaga yang berada di Lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ula mulai rencana program hingga pelaksanaan kegiatan harus sejalan sesuai visi misi Pondok Pesantren. Yaitu mewujudkan cita-cita atas dasar kemufakatan, keutuhan, keadilan, keikhlasan, kerukunan, kebersamaan, kesungguhan, dan kejujuran.

Gus Subhan, Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ula menambahkan, berdasarkan nasehat para sesepuh Pondok Pesantren mengatakan bahwa JAS MERAH, jangan sekali-kali kalian melupakan sejarah.

"Adanya MTsN 1 Nganjuk berkat perjuangan pendahulu, dan adanya keberhasilan perkembangan yang pesat di bidang pendidikan MTsN 1 Nganjuk juga berkat kiprah pengasuh pondok pesantren dan pengurus yayasan," tukasnya.

MTsN 1 Nganjuk saat ini sebagai salah satu MTsN yang unggul, baik di level kabupaten, provinsi maupun nasional. Hal itu dibuktikan melalui kiprah prestasi MTsN 1 Nganjuk yang terus mengalir pada setiap tahunnya. Di samping, telah berhasil merengkuh Akreditasi A bagi institusinya.

MTsN 1 Nganjuk, selama ini juga telah banyak mengukir prestasi yang membanggakan khususnya pada periode tahun 2015-2019 yang lalu, diantaranya : (1). Juara I Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten pada Mapel IPA dan Matematika, hingga melaju ke tingkat Propinsi Jawa Timur; (2). Juara 1 Porseni Tingkat Kabupaten dalam bidang Pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, hingga melaju ke tingkat Propinsi Jawa Timur; (3). Juara I MTQ Putra dan Putri tingkat Kabupaten, hingga melaju ke tingkat Propinsi Jawa Timur; (4). Juara I Lomba Bercerita yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk; (5). Juara II MSQ Tingkat Kabupaten Nganjuk; (6). Juara II CCQ dan Olimpiade tingkat Kabupaten Nganjuk; (6). Juara 2 Speech Contest NCC Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh SMA Darul Ulum 1 Jombang, dan lain sebagainya.

Berbagai prestasi institusional yang membanggakan tersebut, tidak membuat MTsN 1 Nganjuk untuk berhenti berinovasi. Justru sebaliknya, bermodal mitra institusional dengan akar historis yang begitu kuat dengan Yayasan PP. Miftahul ‘Ula (PPMU), MTsN 1 Nganjuk terus berkreasi untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu pendidikannya dengan pengembangan program kelas unggulan yang menjadi pilot project bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan tertentu sebagai lokomotif penggerak mutu madrasah secara integral.

Di samping itu juga, MTsN 1 Nganjuk bekerjsama dengan PP. Miftahul ‘Ula menyelenggarakan program Tahfidz bagi siswa-siswi yang berminat di bidang pendalaman Al-Qur’an. Bahkan saat ini, tidak kurang dari 10 siswanya yang mengikuti program Tahfidz Al-Qur’an ini dengan pencapaian hafalan yang beragam. Ada yang telah mencapai hafalan 6 Juz, 5 Juz, 4 Juz, dan sebagainya. Sebuah upaya strategis berkesinambungan dari MTsN 1 Nganjuk dalam menjaga kiprah mutu institusinya, agar senantisa selaras dengan zaman. Namun tetap membumi, sebagaimana nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah, yang akan selalu hadir sepanjang waktu sebagai oase spiritualitas peradaban manusia.
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System