Patut Dicontoh, Acara Selamatan PWI Nganjuk Terapkan Protokol Covid-19

Acara selamatan yang digelar PWI Kabupaten Nganjuk dijalankan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19
Kamis 22 Oktober 2020

matakamera, Nganjuk - Pandemi Covid-19 sebenarnya tidak menghalangi kita menggelar acara seremonial. Asalkan dilakukan dengan prosedur yang benar, untuk menghindari menyebarnya virus berkode SARS-Cov2 tersebut.

Contohnya, seperti acara selamatan yang dilakukan oleh para jurnalis di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Mereka yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk, berkumpul dan berdoa bersama memperingati tiga tahun menempati kantor sekretariat di Jalan Dermojoyo 35 A, Kelurahan Payaman, Kecamatan Nganjuk, Kamis 22 Oktober 2020.

Prosedurnya, undangan peserta selamatan kurang dari 30 orang. Satu-persatu yang datang wajib mencuci tangan dengan sabun, atau memakai hand sanitizer yang sudah disediakan di depan pintu sekretariat.

Di dalam ruangan, peserta selamatan tidak saling bersalaman seperti tradisi lama. Melainkan, hanya menyampaikan salam dengan mengangkat kedua telapak tangan.

"Masing-masing anggota juga diatur tempat duduknya, minimal berjarak satu meter. Serta yang tidak kalah penting, wajib memakai masker sepanjang acara selamatan digelar," ujar Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca, di sela acara.

Selebihnya, prosesi selamatan berjalan seperti umumnya. Mulai dari berdoa bersama, memotong tumpeng, hingga makan bersama. Acara tambah berkesan karena digelar bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020.

"Acara selamatan ini memang tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Selain sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, juga sebagai ikhtiar kita agar selalu diberi kelancaran dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, kekompakan selalu terjaga, dan terhindar dari musibah. Kami juga berharap agar pandemi segera berlalu," pungkas Andik.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System