Blusukan Desa di Bojonegoro, BKKBN dan DPR Ajak Keluarga Cegah Covid-19

Perwakilan dari BKKBN Jawa Timur dan Komisi IX DPR-RI saat menyerahkan paket bingkisan kepada peserta sosialisasi di Desa Sumberlasih, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Kamis 17 Desember 2020

Jumat 18 Desember 2020

matakamera, Bojonegoro - Pandemi virus Covid-19 belum reda hingga akhir tahun 2020 ini. Namun hal itu tak menyurutkan langkah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menggelar Sosialisasi Pembangunan Keluarga, bersama mitra kerja Komisi IX DPR-RI.

Justru, kondisi ini menjadi pendorong agar tiap-tiap keluarga lebih berperan aktif. 

Hal ini pula yang mendorong BKBN Jawa Timur, bersama mitra kerja dari anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Abidin Fikri SH, melalui perwakilannya, Bambang Supriono, untuk tetap menyelenggarakan sosialisasi Pembangunan Keluarga. 

Sosialisasi digelar di Desa Sumberlasih, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis 17 Desember 2020.

Abidin Fikri bersama BKKBN yang merupakan mitra kerjanya di Komisi IX, memilih Desa Sumberlasih sebagai lokasi sosialisasi Pebangunan Keluarga. Mereka memberikan edukasi, terutama kepada ibu-ibu, agar dapat merencanakan kepada anak-anaknya ketika akan berkeluarga.

Acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut dihadiri oleh pejabat BKKBN Jawa Timur Suhartuti MM,  dan dari BKKBN Perwakilan Kabupaten Bojonegoro Lina SS.

Suhartuti dalam sambutannya mengatakan, selain promosi program Pembangunan Keluarga kepada peserta, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat dan keluarga untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Ini mengingat mulai meningkatnya lagi jumlah yang terpapar Covid-19.

Menurutnya, perlu upaya masif untuk senantiasa mengingatkan kembali dalam penerapan disiplin protokol Kesehatan “Ingat Pesan Ibu”.

 “Saya menyambut baik kegiatan ini karena merupakan wujud dari upaya meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap program Pembangunan Keluarga, kependudukan dan Keluarga Berencana," ujar Suhartuti. 

Ia juga berharap, dengan digelarnya sosialisasi diharapkan para peserta memiliki bekal, untuk memberikan pemahaman kepada keluarga dan lingkungan. Dengan kata lain, agar acara sosialisasi ini tidak berhenti di sini.

“Tujuannya agar masyarakat tahu mengenai apa itu pembangunan keluarga,” ujarnya.

Suhartuti juga berpesan kepada peserta, agar sebelum membangun keluarga bisa mempersiapkan beberapa hal agar nanti saat sudah berkeluarga dapat menjadi keluarga yang harmonis.

"Hindari pernikahan usia anak atau terlalu tua, agar saat nanti hamil dan ketiga melahirkan bayi tidak kerdil atau kekurangan gizi," tuturnya.

Sementara itu diwakili Bambang Supriono, Anggota DPR-RI Abidin Fikri berharap agar para peserta bisa menjadi motor penggerak dalam pembangunan keluarga. 

Selain itu, di tengah situasi pandemi Covid-19 ini Abidin berpesan tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3M.

"Agar kita terhindar dari Covid-19 supaya kita bisa memutus mata rantai virus ini agar kita bisa bertatap muka secara langsung," tukasnya.

Acara ditutup dengan penyerahan secara seremonial paket cenderamata BKKBN Jawa Timur, kepada kepada perwakilan peserta dan tamu undangan, oleh Suhartuti dan Bambang Supriono.

Reporter : Panji Lanang S

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System