Meskipun Kasus Landai, Satgas di Kabupaten Nganjuk Tak Kendur Cegah Penyebaran Covid-19

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk dr Hendriyanto/matakamera.net - dok. Humas Pemkab Nganjuk)
Selasa 1 Juni 2021

matakamera, NGANJUK - Secara umum, tingkat penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Nganjuk saat ini cenderung melandai.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk dr Hendriyanto mengatakan, hingga Selasa 1 Juni 2021, terpantau tidak ada klaster baru penularan Covid-19 di Kota Angin.

Penambahan kasus positif memang masih terus terjadi secara acak, namun tidak sampai terjadi lonjakan tinggi.

Meskipun relatif landai, namun Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk tidak mengendurkan langkah untuk terus mencegah gelombang baru penyebaran virus tersebut.

"Untuk itu, kami tetap mengimbau kepada masyarakat Nganjuk, agar selalu waspada dan tidak lalai menerapkan prokes (protokol kesehatan, red) untuk mencegah Virus Corona," kata dr Hendri, sapaan akrab Hendriyanto.

Menurut dr Hendri, pihaknya secara rutin juga terus mengikuti perkembangan penyebaran virus Covid-19 di Jawa Timur serta daerah lain di Indonesia bahkan di dunia.

Hal ini karena tidak tertutup kemungkinan, terjadi peningkatan jumlah kasus positif di Kabupaten Nganjuk, sebagai imbas peningkatan jumlah kasus positif dari daerah lain.

Apalagi, lanjut dr Hendri, saat ini sudah muncul varian baru virus corona di sejumlah wilayah.

"Sehingga perlu selalu diwaspadai dan diantisipasi potensi penyebarannya di Kabupaten Nganjuk," ujar pria yang juga menjabat Direktur RSUD Kertosono tersebut.

Ia menjelaskan, pemicunya bisa karena mobilitas warga yang sekarang ini semakin meningkat seiring dengan program pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19.

"Jadi di Kabupaten Nganjuk tidak ada kata kendur dalam penanganan dan mewaspadai pandemi covid-19. Satgas Covid-19 selalu waspada setiap saat mencegah kembali naiknya kasus positif," tukas dr Hendri.

Untuk diketahui, merujuk data tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk, jumlah total kasus positif hingga kini telah mencapai 3.900 kasus.

Umumnya, penambahan kasus positif corona tersebut melandai dalam beberapa bulan terakhir. Di mana untuk satu hari penambahan kasus berada di kisaran 2 - 5 kasus.

"Kami terus berupaya maksimal agar penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Nganjuk tidak mengalami peningkatan signifikan kembali," pungkas dr Hendri.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System