Sinergi Pentahelix Wujudkan Herd Immunity di Jatim

Gubernur Khofifah dan Forkopimda Jatim saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kampus Unair Surabaya, Ahad (26/7)/matakamera.net-Panji LS
Senin 26 Juli 2021

matakamera, Surabaya - Upaya mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal di masa pandemi Covid-19, bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Contohnya, seperti dilakukan oleh jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur, yang gencar mendorong sinergitas pentahelix atau kerjasama lima unsur secara bersama-sama.

"Pentahelix ini unsurnya ada pemerintah, ada kampus, ada private sector, ada masyarakat, dan ada media. Konsep pentahelix approach (pendekatan pentahelix, red) ini harus bisa memberikan penanganan yang terbaik bagi seluruh masyarakat. Dengan begitu kita harapkan bahwa herd immunity ini bisa segera kita wujudkan," papar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat melakukan kunjungan pengecekan vaksinasi di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Ahad (25/7).

Dalam kunjungannya, Gubernur Khofifah didampingi oleh Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Panglima Komando Armada II (Pangkormada II) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, serta didampingi Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, Sekdaprov Jatim, Pejabat Utama Polda Jatim dan Pejabat Utama Kodam V/Brawijaya. Mereka secara bersama-sama melakukan pengecekan pelaksanaan vaksinasi untuk mahasiswa dan tenaga pendidik di Unair.

Vaksinasi ini dilaksanakan selama dua hari, yakni hari Sabtu dan Ahad, pada tanggal 24 - 25 Juli 2021. Sasarannya sebanyak 6 ribu peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan alumni Unair. Kegiatan ini melibatkan 50 tenaga kesehatan, gabungan dari RSUD Dr. Soetomo dan RS Unair.

Khofifah mengatakan, sinergitas dan strong partnership menjadi bagian yang sangat penting. Ia berharap seluruh elemen strategis dalam pentahelix memiliki energi untuk bisa bersama-sama melakukan percepatan vaksinasi.

"Insya Allah perguruan tinggi lain juga akan mendapatkan kuota yang sama dari pemprov yang sudah di-deliver oleh pemerintah pusat. Mudah-mudahan ini bisa terus kita lakukan dan percepatan bisa kita wujudkan," tandas Khofifah.

Ia juga berharap, capaian target serbuan vaksinasi ini dapat didukung oleh semua pihak, sehingga herd immunity bisa terbentuk pada Agustus mendatang, sebagai kado istimewa di HUT RI ke-76.

Reporter : Panji Lanang S
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System