Pramuka Jatim Lakukan Vaksinasi Serentak 60 Ribu Dosis dan Donor Plasma Konvalesen

Salah satu titik lokasi vaksinasi serentak Pramuka Kwarda Jatim dilaksanakan di Gedung Grahadi Surabaya, disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ahad (15/8)/matakamera.net-Panji LS
Ahad 15 Agustus 2021

matakamera, KOTA SURABAYA - Pramuka Kwarda Jatim menggelar vaksinasi Covid-19 sebanyak 60 ribu dosis di 60 titik yang tersebar di 38 kabupaten dan kota.

Vaksinasi dilaksanakan secara serentak pada 13-16 Agustus 2021. Selain itu, juga dilakukan donor darah dan donor plasma konvalesen, untuk membantu perawatan pasien Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, pada upacara peringatan Hari Jadi Gerakan Pramuka ke-60 di halaman Gedung Negara Grahadi pada Ahad pagi (15/8).

Menurut Khofifah, di masa pandemi covid-19, pengabdian Pramuka kepada masyarakat patut untuk terus ditingkatkan. Oleh sebab itu, bertepatan dengan HUT Ke-60 ini dilaksanakan vaksinasi serentak 60 ribu dosis, donor darah dan donor plasma konvalesen.

Vaksinasi di 60 titik tersebut tepatnya berada di 38 kwarcab di seluruh Kabupaten Kota di Jatim. Sehingga dalam pelaksanaanya satu Kwarcab terdapat 2 titik vaksinasi.

Di Kwarda Gerakan Pramuka Jatim sendiri, vaksinasi dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi. Vaksinasi tersebut ditinjau langsung oleh Gubernur Khofifah didampingi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak.

"Ada rangkaian  program baksos berseiring dengan pandemi Covid-19, yaitu  percepatan pelaksanaan vaksinasi. Oleh karena itu secara serentak dilakukan di 60 titik di 38 Kab/Kota, dengan total 60.000 dosis vaksin. Hal ini sesuai dengan perayaan HUT Pramuka ke 60," ungkapKhofifah.

Hal ini sebagai wujud pengabdian Pramuka untuk masyarakat yang membutuhkan percepatan vaksinasi di masa pandemi covid-19. Terlebih Kwarnas telah menetapkan bahwa Agustus ini dijadikan sebagai bulan bakti Pramuka.

"Jadi Pramuka berbakti tanpa henti. Kwarnas memutuskan mulai  tahun 2021  bulan bakti pramuka di tetapkan pada bulan  Agustus . Maksudnya agar seluruh pengabdian ini bisa dilipatgandakan di bulan Agustus," terangnya.

Tak lupa, Gubernur Khofifah juga mengajak para anggota Pramuka untuk terus menjaga produktivitasnya meski dalam kondisi pandemi covid-19. Komitmen pramuka produktif harus dibangun dan dikuatkan bersama utamanya pada sektor pertanian, peternakan dan perkebunan.

Dirinya berharap anggota pramuka bisa menemu kenali segala potensi-potensi inovatif, produktif dan efektif yang dimiliki oleh petani, peternak dan pelaku perkebunan serta pelaku usaha agro bisnis.

"Kita tahu bahwa sektor pertanian, peternakan dan perkebunan adalah sektor yang tetap tumbuh produktif dikala pandemi covid19. Maka saya minta Pramuka bisa merancang kegiatan semaksimal, seproduktif seefektif mungkin untuk menemu kenali pontensi yang ada pada pelaku sektor pertanian," jelasnya.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System