Sapa Warga Gang Kelinci Surabaya, Gubernur Khofifah Door to Door Bagikan Sembako

Gubernur Khofifah saat membagikan bantuan sembako kepada warga Ganf Kelinci Surabaya, Ahad (29/8)
Ahad 29 Agustus 2021

matakamera, Surabaya - Berbagai upaya terus dilakukan Pemprov Jatim untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus saat masih diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel. Salah satunya yaitu dengan terus menyisir pemberian bantuan sosial (bansos) utamanya bagi yang terdampak Covid-19.

Kali ini, Ahad (29/8) siang, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali menyapa dan membagikan secara _door to door_ sebanyak 250 paket sembako dan masker kepada warga Gang Kelinci Joyoboyo Surabaya. Bantuan paket sembako tersebut berisikan antara lain berupa 5 kg beras, 10 bungkus mie instan, 1 kg gula, 1 liter minyak goreng, sarden, kecap manis, serta teh dan kopi.

Setibanya di sana, sambil melewati gang yang cukup kecil yang tak bisa dilalui kendaraan roda empat, Gubernur Khofifah tak hanya menyapa orang dewasa, tapi juga memberikan bantuan berupa paket buku tulis kepada anak-anak yang tinggal di salah satu sudut di seberang Terminal Joyoboyo tersebut. Sekaligus membagikan santunan kepada beberapa warga terutama lansia dan bayi.

Di sela-sela membagikan sembako, dalam perbincangannya yang terlihat sangat akrab Khofifah juga menanyakan perihal vaksinasi kepada warga sekitar.

"Bapak, Ibu sedoyo pripun kabare nggih? (semua bagaimana kabarnya?) Panjenengan sudah divaksin semua? Vaksinnya sudah lengkap 2 dosis?" tanya Khofifah kepada beberapa warga di sana.

Menanggapi pertanyaan yang dilontarkan Gubernur Khofifah, beberapa warga pun menjawab ada yang baru dosis pertama vaksinasinya dan mereka juga dalam kondisi yang sehat.

Seusai membagikan sembako, Mantan Menteri Sosial RI ini menyampaikan bahwa selain bentuk perhatian dan kepedulian, hal tersebut juga dilakukan sebagai upaya penyisiran bantuan bagi _unregistered people_ atau orang-orang yang secara administratif tidak terdaftar sebagai warga yang berhak menerima bantuan.

"Mereka ini sebagian  tidak terdaftar sebagai warga yang berhak menerima bantuan karena adminitratif, sementara juga sangat terdampak. Untuk itu, di masa pandemi Covid-19 saat ini kita harus memastikan bantuan sampai kepada mereka juga," kata Khofifah.

“Kami terus bergerak memastikan bantuan untuk masyarakat tersalurkan dengan baik. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat di tengah PPKM,” harap gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Di tempat yang sama, Khofifah juga menyempatkan untuk membeli seluruh dagangan  sayur mayur salah seorang warga. Warga tersebut kebetulan berjualan sayuran dan lauk pauk. Kemudian, dirinya pun meminta warga sekitar untuk mengambil apa yang dibutuhkan untuk dimasak karena sudah membelinya semua.

"Ayo panjenengan butuh apa, Monggo diambil saja, ini sudah saya beli," ujarnya.

Sesekali Gubernur Khofifah mengingatkan agar seluruh warga tetap menjaga kedisiplinan dalam protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menghindari kerumunan.

Dari kunjungan orang nomor satu di Jatim itu, tampak antusiasme warga yang ingin mendapatkan bantuan dan berfoto bersama Gubernur Khofifah.

Ayu (32), misalnya, salah satu warga Kampung Gang Kelinci Joyoboyo yang menerima bantuan paket sembako tersebut mengaku bahagia karena telah mendapatkan bantuan dari Gubernur Khofifah. Ayu sendiri sehari-hari adalah seorang ibu rumah tangga dan suaminya bekerja sebagai tukang sapu. Bantuan tersebut sangat bernilai dan berarti baginya terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Ia mendoakan agar Gubernur Khofifah selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Jawa Timur dan juga bisa selalu berbagi dengan orang-orang yang termarjinalkan seperti mereka.

"Alhamdulillaah, saya senang soalnya tidak pernah dapat bantuan, baru sekarang ini dapat, alhamdulillah, semoga Bu Khofifah terus sehat dan bisa bantu warga yang tidak mampu seperti ini," ucapnya dengan gembira usai mendapat bantuan. (*) 
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System