Warga Temukan Candi Kuno di Lokasi Galian Tanah

Banjarsari
Petugas Dinas Pariwisata dan polisi mengecek lokasi penemuan candi di Desa Banjarsari, Ngronggot, Nganjuk (27/1/2016)
matakamera, Nganjuk – Bangunan diduga candi kuno ditemukan di bawah lahan tanah uruk milik Nurul Wakhid, 50, di Desa Banjarsari, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Rabu 27 Januari 2016 kemarin. Bangunan yang ditemukan berukuran panjang 270 cm, lebar 210 cm dan tinggi 170 cm. Situs ini pertama kali ditemukan M Affandi, 35, penyewa tanah milik Nurul Wakhid.

Informasi yang dihimpun Surya, Affandi sejak dua pekan lalu menyewa tanah milik Nurul Wakhid untuk diambil tanahnya. Lahan tegalan ini telah digali sedalam 2,5 meter.

Lokasi tanah galian ini sebenarnya telah diperingatkan oleh aparat karena tidak berizin. Hanya saja Affandi seolah tidak menghiraukan himbauan aparat gabungan.

Sehingga Afandi tetap melakukan penggalian tanah. Selanjutnya saat Afandi menggali tanah di sebelah barat dekat dengan tangkis sungai, tidak sengaja menemukan bangunan yang diduga situs cadar budaya.

Penemuan struktur bangunan candi itu terkubur sekitar satu meter dari permukaan tanah. Temuan ini kemudian dilaporkan kepada perangkat Desa Banjarsari.

Selanjutnya Kabid Kebudayaan Disbudparda Kabupaten Nganjuk Drs Fatimah bersama Muspika Kecamatan Ngronggot dan Perangkat Desa Banjarsari melihat ke lokasi penemuan candi.

Afandi dan dua pekerja penggali tanah kemudian dimintai keterangan ke Mapolsek Ngronggot. Apalagi ada 3 arca yang sebelumnya berada di lokasi situs juga telah hilang.

Dari hasil penelitian, diduga lokasi situs candi merupakan tempat pemujaan. Sedangkan temuan tiga arca yang sebelumnya ada di lokasi situs masih dilakukan pemeriksaan terhadap Affandi di Mapolsek Ngronggot.(ab)


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System