Kampung Kuno Zaman Mpu Sindok Ditemukan di Tengah Hutan Nganjuk

nganjuk
Peneliti dari BPCB Mojokerto dan Dinas Kebudayaan-Pariwisata Nganjuk kini tengah mendalami temuan situs kampung kuno di tengah hutan Banarankulon, Nganjuk, Jawa Timur 
27 Februari 2016 | Editor : Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Nganjuk baru-baru ini menemukan situs kampung tua era peradaban Hindu kuno, di kawasan hutan Desa Banarankulon, Kecamatan Bagor, Nganjuk, Jawa Timur.

Di lahan hutan seluas sekitar 1 hektare itu dahulunya merupakan wilayah pemukiman penduduk. "Kami temukan setelah mendatangi lokasi pada tanggal 25 Februari 2016 lalu, berdasarkan informasi dari masyarakat setempat," kata Amin Fuadi, perwakilan Disbudpar Nganjuk yang mendampingi tim BPCB Mojokerto ke lokasi.

Amin mengatakan, dalam situs tersebut ditemukan aneka peralatan rumah tangga dari batu, sisa puing rumah dan bangunan kampung terbuat dari batu-batu kuno, sampai tugu-tugu atau penanda wilayah yang juga terbuat dari batuan jenis andesit.”Situs ini diperkirakan dari abad 13, zaman kerajaan Hindu Majapahit, atau bisa juga di zaman Mpu Sindok, Kerajaan Medang abad 9. Lokasi dipilih jadi pemukiman karena lokasinya yang dekat dengan sungai dan pegunungan,” katanya.

Amin dan rombongan tim arkeolog BPCB Mojokerto meyakini, masih banyak peninggalan benda kuno di dalam lahan hutan itu yang belum terdata. Bahkan kemungkinan sebagian sudah tertimbun di bawah tanah.

Namun demikian, ada juga beberapa beda seperti lesung batu yang ditemukan di tempat terbuka, yaitu sawah pada milik masyarakat Desa Banarankulon. “Zaman dahulu lokasi itu adalah perkampungan yang luas dan ramai,” ujar Aries. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, dalam waktu dekat ini tim gabungan BPCB Mojokerto dan Disbudpar Nganjuk akan melakukan penggalian dan penyisiran besar-besar di lokasi.(ab/Panji Lanang Satriadin)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System