Eksotisme Bawah Air Ini Ada di Ujung Utara Kabupaten Nganjuk

nganjuk
Foto eksotis pemandangan bawah air di Ubalan Argomulyo, kompleks wisata Goa Margotresno di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk, Jawa Timur (matakamera.net/foto : achmad arief via IG)
Rabu 11 Januari 2017 | by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Di ujung utara Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, terdapat satu kompleks wisata alam yang menawarkan panorama lengkap, mulai dari goa sarang kelelawar, jelajah hutan, hingga wisata air berupa kolam renang alam atau biasa disebut ubalan. Kompleks wisata itu lebih dikenal dengan nama Goa Margotresno yang berlokasi di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu.

Salah satu objek wisatanya yang bernama Ubalan Argomulyo memang jarang mendapat perhatian. Namun baru-baru ini, seorang wisatawan bernama Achmad Arief mengunggah foto eksotis pemandangan bawah air di kolam sumber air setempat, yang menampakkan kecantikan para penghuninya. Mereka adalah berbagai jenis spesies ikan air tawar berwarna-warni, yang bentuknya mirip ikan koi.

Achmad Arief mengambil gambar menggunakan kamera bawah air lalu diunggah ke akun Instagram @casseteid. Tak pelak, foto penampakan mahkluk bawah air di Ubalan tersebut mengundang decak kagum ratusan netizen. Jernihnya air kolam tempat berenang ikan-ikan itu sekilas mirip dengan pemandangan bawah laut atau di akuarium.

ngluyu
Kolam renang yang dibangun di sebelah ubalan Ngluyu, yang bisa digunakan wisatawan untuk berenang (matakamera.net/foto : istimewa)
Aries T. Effendi, penggiat pariwisata alam di Nganjuk menjelaskan, bahwa sendang atau ubalan di kompleks Goa Margotresno itu terbentuk secara alami sejak dahulu. Di sebelahnya kini juga dibangun kolam renang buatan untuk wisatawan yang ingin berenang dan merasakan langsung kesegaran air dari sumber bawah tanah di hutan setempat. "Masyarakat setempat menganggap ubalan itu sebagai tempat keramat, sehingga masih banyak yang percaya akan pantangan untuk mandi berendam di dalamnya," terang Aries.

Baik Ubalan Argomulyo maupun Goa Margotresno memang kaya akan cerita mistis pada masa lampau. Salah satunya, cerita turun-temurun sejak masa Kerajaan Pajang, di mana kawasan setempat dipercaya menjadi tempat manjur untuk melakukan kegiatan “lamun-lamun”, atau olah rasa dan olah pikir. Mulai mencari inspirasi, mencerahkan hati, niat, pikiran, dan membangun kembali ikatan kebahagiaan, serta kedamaian hati. Termasuk dalam urusan cinta kasih dan kebahagiaan hidup berumah tangga. "Mitosnya, orang datang dan berdo’a di kawasan Guo Margotresno untuk mengatasi masalah rumah tangga mereka," ujar Aries.(ab/2017)

Lihat : Profil Redaksi MATAKAMERA.NET Nganjuk


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname