PDIP Bisa Mengusung Calon tanpa Koalisi di Pilkada Nganjuk, Jagonya ...

pilkada nganjuk
Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno (kanan), dan Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur Marhaen Djumadi. Nama Marhaen belakangan mencuat di selain Tatit Heru Tjahjono (matakamera/foto : PDIP Jatim)
Senin 22 Mei 2017 |
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Pada Pilkada atau Pilbup Nganjuk Juni 2018 mendatang, PDIP punya kans besar mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi. Mengingat, saat ini partai berlogo banteng moncong putih itu merajai DPRD Nganjuk dengan 11 kursi. Sementara, syarat minimal mengusung kandidat dari parpol di Pilkada Nganjuk adalah 9 kursi, sesuai ketentuan KPU.

Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi baik dari DPC PDIP Nganjuk maupun DPD PDIP Jawa Timur,  terkait siapa kandidat yang akan diusung dalam Pilbup Nganjuk 2018. Hanya saja, sempat ada sinyal dari PDIP Nganjuk beberapa waktu lalu, yang dilontarkan salah satu fungsionarisnya, Sunaryo. Menurut Sunaryo, kader internal tetap memiliki peluang besar.

Targetnya adalah meneruskan tradisi kemenangan PDIP dalam Pilkada Nganjuk 2008 dan 2012. "Bagi kader sendiri yang ingin maju, DPP mewajibkan untuk mengikuti sekolah pelatihan calon kepala daerah," kata pria yang juga anggota DPRD Nganjuk ini.

Selebihnya, politisi asal Kecamatan Ngetos ini menyebut bahwa saat ini persiapan awal memanasi mesin partai sudah berjalan, baik dalam bentuk rakor-rakor dan konsolidasi di semua jenjang sampai tingkat desa. "Intinya kami sejak saat ini sudah siap (menghadapi di Pilbup)," imbuhnya.

Sementara itu, PDIP Nganjuk saat ini juga masih berbenah, usai drama pemberhentian Bupati Nganjuk Taufiqurrahman dari Ketua DPC PDIP Nganjuk, awal Februari 2017 lalu. PDIP Jawa Timur lalu mengutus Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono, untuk menjadi pelaksana harian (plh) Ketua DPC Nganjuk dengan masa kerja tiga bulan.

“Tugas yang harus dilakukan Plh Ketua DPC adalah menjaring ketua (DPC PDIP Nganjuk) definitif, dalam waktu tiga bulan ke depan,” ujar Sekreratis PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, Ahad 5 Februari 2017.

Menurut informasi yang dihimpun matakamera.net,sosok Ketua DPC PDIP yang terpilih nanti punya peluang besar untuk diajukan sebagai Bakal Calon Bupati atau Bakal Calon Wakil Bupati Nganjuk, dalam Pilkada Serentak 2018.

Beberapa nama mulai beredar di luar, seperti Tatit Heru Tjahjono, fungsionaris PDIP Nganjuk yang saat ini menjadi Anggota DPRD Nganjuk. Ada pula nama Marhaen Djumadi, Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur. “Saya asli Nganjuk. Selain tugas Surabaya sebagai dosen dan Ketua Harian Percasi Jatim, saya juga bertani di Kelurahan Werungotok,” ujar Marhaen saat berbincang singkat dengan matakamera.net Ahad, 21 Mei 2017.(ab/hs/2017)

Lihat Profil Redaksi MATAKAMERA.NET

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname