Demo Buruh Rokok di Nganjuk Sempat Ricuh, Massa Ibu-Ibu Dihadang ...

nganjuk
Seorang security dilerai rekan-rekannya, usai terlibat kericuhan dengan ratusan massa ibu-ibu buruh PT Karya Niaga Bersama, Nganjuk, 15 Juni 2017 (matakamera/ist)
Kamis 15 Juni 2017 |
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Demonstrasi ratusan buruh kontrak pabrik PT Karya Niaga Bersama, produsen rokok Grendel di Desa Kedungdowo, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, diwarnai kericuhan, Kamis pagi 15 Juni 2017.

Sekitar 120 ibu-ibu buruh kontrak itu sempat dihadang, saat hendak memaksa masuk pintu gerbang. Tak hanya itu, ketika berhasil masuk ke area dalam pabrik, salah satu security sempat terpancing emosi hingga menarik rambut seorang buruh wanita.

Massa ibu-ibu ketika berusaha masuk gerbang pabrik dan mendapat hadangan dari pihak security (matakamera/ist)
Massa memprotes kebijakan pimpinan pabrik, yang meminta mencabut Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari pemerintah, untuk diganti dengan BPJS ketenagakerjaan dari pihak pabrik. “Kalau KIS dari dinsos dicabut, nanti semua bantuan dari desa ikut dihapus, kami tidak terima,” ujar Yuni, salah satu buruh.

Menurut Yuni, mayoritas buruh sudah lama memegang KIS dan BPJS dari pemerintah, dan selama ini memperoleh banyak manfaat  seperti jaminan kesehatan, bantuan langsung tunai, hingga jaminan sekolah bagi anaknya. “Tuntutan kami bisa digunakan kedua-duanya, yang dari dinsos (pemerintah) dan dari pabrik,” ujar Yuni.

Aksi kericuhan berhasil diredam ketika Bripka Gayut, anggota Polsekta Nganjuk datang. Selain menenangkan massa, tim Polsekta Nganjuk juga berjanji mengupayakan mediasi dengan pihak pabrik.

Bripka Gayut menenangkan massa dan mengendalikan situasi yang sempat memanas, di lokasi PT Karya Niaga Bersama, Nganjuk, 15 Juni 2017 (matakamera/ist)
Sampai massa membubarkan diri, belum ada jawaban resmi dari pabrik rokok terkait tuntutan para buruh tersebut.(ds/ab/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname