Warga Desa Lengkonglor Gelar Nyadran, Tentara Tak Mau Ketinggalan

Potret keguyuban antara warga desa dengan prajurit TNI, saat makan berkat bersama di acara bersih desa Lengkonglor, Ngluyu, Jumat 27 April 2018 (matakamera/ist)
Jumat 27 April 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Ada banyak kegiatan non fisik di lokasi TMMD Nganjuk 2018. Seperti di area makam Eyang Gunung Jalu, yang ada di Dusun Sumberayu, Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu.

Ratusan warga setempat menggelar acara sedekah bumi atau bersih desa/nyadran, pada Jumat siang 27 April 2018.

” Nyadran atau sedekah bumi itu adalah warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan. Meskipun kita sudah hidup di milenium atau era digital, tetap menjaga warisan budaya leluhur sifatnya sangatlah penting,” kata Komandan Kodim 0810 Nganjuk, Lekol Arh Sri Rusyono kepada awartawan.

Dandim Nganjuk pun tak mau ketinggalan, ikut duduk bersama warga menyantap hidangan makanan bersih desa (matakamera/ist)
Mengikuti rangkaian ritual nyadran tersebut, lanjut Dandim salah satu bentuk kepedulian satgas TMMD ke 101 Kodim 0810 Nganjuk nguri nguri budaya jawi, ” Kegiatan fisik terus dikerjakan, non fisik juga jalan, menunggal bersama kegiatan warga juga terus Satgas lakukan, ya seperti sekarang ini, kita mengikuti nyadran yang digelar warga,” ungkap Dan Satgas TMMD tersebut.

Didampingi Kapten Inf Suwanto Dan SSK Satgas TMMD ke 101 Kodim 0810/Nganjuk, Dandim terlihat akrab dan berbincang dengan Sumaji, Kades Lengkonglor dan Jaito sesepuh desa Lengkonglor.

” Acara ini digelar setiap tahun sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan karunia dan rezeki yang berlimpah selama ini,” kata Jaito yang juga sebagai juru kunci makam Eyang Gunung Jalu.

(ds/ab/2018)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System