Oleh-Oleh Hits Ini yang Selalu Bikin Kangen Nganjuk

nganjuk
Bawangkita, produk bawang merah asli Nganjuk kini tersedia dalam dua varian rasa : original dan pedas manis (foto : dok. Bawangkita)

Rabu 31 Oktober 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Setiap daerah di Jawa Timur memiliki ciri khas. Seperti halnya Kabupaten Nganjuk yang dikenal sebagai sentra tanaman bawang merah.

Bukan hal yang mengherankan, bila di mana-mana terlihat banyak orang menanam, memanen, menjemur, atau memperjualbelikan bawang merah. Bahkan, ada pasar di Nganjuk yang khusus menjual-belikan bawang merah, berlokasi di Jalan Raya Surabaya-Madiun, Desa/Kecamatan Sukomoro.

Citarasa dan kualitas bawang merah Nganjuk memang berbeda dengan daerah lain. Sehingga para pendatang sering membawa pulang hasil tanaman ini sebagai buah tangan.

Nah, bagi yang kangen dengan Nganjuk dan bawang merahnya, saat ini sudah tersedia produk oleh-oleh kekinian berbahan utama tanaman holtikultura tersebut.

Mantan Menteri BUMN dan CEO Jawa Pos Dahlan Iskan mencicipi bawang goreng Bawangkita yang memiliki citarasa khas Nganjuk (foto : dok. Bawangkita)

Produknya bernama Bawangkita, bawang goreng yang diolah dan dikemas secara modern, yang berasal dari tanaman bawang merah Nganjuk pilihan dengan kualitas terbaik.

Puguh Wicaksono, owner Bawangkita Nganjuk menjelaskan, produknya sangat cocok dijadikan buah tangan untuk teman, kerabat maupun kolega.

Kemasan sengaja didesain modern dan kekinian, sehingga layak dipasarkan di kota-kota besar bahkan hingga luar negeri.

"Bawangkita merupakan salah satu produk oleh-oleh terbaik khas Nganjuk, yang diolah menggunakan minyak goreng nabati non kolesterol. Untuk menjaga kualitas rasa dan aroma, kami menggunakan bahan bakar alami, yaitu kayu bakar pilihan dan arang jenis tertentu," terang pengusaha muda warga Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Nganjuk ini.

Keistimewaan lainnya, lanjut Puguh, citarasa renyah Bawangkita dapat bertahan lama meskipun tanpa pengawet, karena telah melalui proses pengeringan minyak menggunakan alat khusus.

Mantan Bupati Nganjuk Soetrisno Rachmadi merasa bangga dengan hadirnya Bawangkita sebagai produk asal Kota Angin (foto : Bawangkita)

"Tiap makan Bawangkita, bikin kita selalu kangen Nganjuk dan bawang merahnya," imbuh Puguh.

Bawangkita kini tersedia dalam dua varian rasa. Untuk rasa original dibanderol harga Rp 25 ribu per kemasan, sedangkan rasa pedas manis dijual dengan harga Rp 27 ribu per kemasan.

"Khusus pembelian di wilayah Nganjuk, ada potongan harga 20 persen. Contohnya beli Bawangkita di gerai Prima Swalayan Nganjuk, cukup dengan harga Rp 20 ribu," ujar Puguh.

Bawangkita juga telah terdaftar di Departemen Kesehatan dan mendapatkan sertifikat Halal dari LPPOM MUI. Produk juga sudah bisa didapatkan di swalayan besar di kota-kota besar seperti Transmart.

Owner Bawangkita Puguh Wicaksono bersama Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan Wabup Nganjuk Marhaen Djumadi (ist)

Informasi lengkap seputar oleh-oleh bawang goreng Nganjuk Bawangkita, bisa dilihat di website www.bawanggorengnabati.com, Facebook Fanpage @BawangKita, atau di akun Instagram @bawangkita.

(ds/ab/ads/2018) 

Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Comments System

Disqus Shortname