Jalan Rusak Sampai Jadi Kolam, Warga Tebar Ikan Lele

Warga berebut ikan lele yang ditebar di 'kolam' jalan desa (foto : Jian Hun)

Senin 4 Februari 2019
by Panji Lanang S

matakamera, Nganjuk - Infrasktruktur jalan di Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk rusak parah. Selain bergelombang, juga banyak lubang menganga yang membahayakan pengendara.

Musim hujan ini, cerukan-cerukan jalan digenangi air hingga menyerupai kolam. Melihat kondisi tersebut, warga setempat berinisiatif melakukan aksi unik, yakni menyebar puluhan ekor ikan lele ke dalam 'kolam-kolam' di sepanjang jalan.

Agus Karyono, 35, salah satu warga Desa Tanjungkalang mengungkapkan, aksi tebar ikan lele itu dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. Ini disebutnya sebagai bentuk sindiran sekaligus protes kepada pemerintah daerah, yang tak kunjung memperbaiki kerusakan jalan.

"Sudah dua hari ini ikan-ikan lele disebar ke tengah jalan, sejak kemarin (3/1)," ujar Agus, Senin 4 Februari 2019. Sebelum aksi tak lazim ini, Agus menyebut warga juga pernah menanami pohon pisang di atas lubang jalan.

Aksi tebar lele itu spontan menarik perhatian warga terutama. Anak-anak menganggapnya sebagai hiburan, sampai rela mandi di kolam lumpur untuk berebut ikan. Sedangkan warga dewasa berharap, dari aksi tersebut bisa segera mengetuk hari Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat dan jajaran pemerintahannya, dan segera turun tangan memperbaiki jalan.

(ds/ab/2019)



Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname