200 Guru SD se-Kabupaten Nganjuk Ikuti Training Sekolah Sehat

Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi didampingi Direktur Spektra Surabaya Roni Sya'roni, bersama perwakilan guru SD peserta Training Sekolah Sehat, di Ruang Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Selasa 30 Juli 2019 (foto : jie)

Selasa 30 Juli 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, NGANJUK - Sebanyak 200 guru sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Nganjuk, mengikuti Training Sekolah Sehat di Aula Anjuk Ladang, Kompleks Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Jl Basuki Rahmat, Selasa 30 Juli 2019.

Training ini terselenggara berkat kerjasama Pemkab Nganjuk melalui Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan, PT Unilever Indonesia, dan Spektra Surabaya.

Ratusan peserta yang hadir merupakan guru penggerak Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di sekolah masing-masing, di mana setiap kecamatan diwakili oleh 10 peserta.

Istimewanya, kegiatan Training Sekolah Sehat ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

“Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pihak Spektra, yang sudah menggelar kegiatan training sekolah sehat ini, demi mendukung kemajuan dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Nganjuk," kata Wabup Marhaen usai membuka acara.

Marhaen berharap program tersebut bisa berjalan secara berkala demi memberikan layanan terbaik dari sektor pendidikan dan kesehatan bagi warga sekolah.

“Semoga dengan kegiatan ini, berharap para guru memiliki semangat untuk mensosialisasikan sekaligus mengelola UKS di sekolah masing-masing dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan PT Uniliver Indonesia, melalui Direktur Spektra Surabaya, Roni Sya’roni dalam sambutannya mengatakan, program ini sudah dilakukan sejak 2016.

Roni menjelaskan, Training Sekolah Sehat ini merupakan salah satu upaya pihaknya, untuk memberikan layanan pendidikan kesehatan sekaligus layanan kesehatan bagi sekolah di Kabupaten Nganjuk, khususnya dalam sektor pengelolaan UKS maupun UKM.

Selain itu, pihaknya berharap program tersebut bisa memberikan kontribusi positif bagi Pemkab Nganjuk. Khususnya bagi para guru di lingkungan sekolah dasar yang menjadi peserta.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kami dari PT Uniliver bersama pemerintah untuk meningkatkan sumber daya kesehatan anak kita. Sebab dengan kualitas kesehatan yang baik, nantinya juga akan berdampak pada prestasi anak,” ujarnya.


Para peserta antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Training Sekolah Sehat yang digelar PT Unilever dan Spektra Surabaya di Aula Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk (foto : jie)

Menurut Roni, pihaknya sangat berterima kasih atas kepercayaan dari pemerintah kabupaten Nganjuk, dalam hal ini Disdik dan Dinas Kesehatan.

Untuk diketahui, Training Sekolah Sehat untuk para guru SD se-Kabupaten Nganjuk ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Ratih K. Wijaya, dari Dinkes Nganjuk, yang menyampaikan materi tentang Memetakan faktor penghambat dan pendukung implementasi PHBS di sekolah/madrasah, guna merumuskan solusi alternatif.

Lalu, ada juga Budyo Sutrisno, dari SMPN 1 Prambon, yang menyampaikan materi tentang 'Sharing mengelola usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M)'.

Selain itu, para peserta training juga mendapatkan Materi dari tim Spektra, yamg memaparkan perihal 7 pembiasaan sehat.

(ds/ab/ads/2019)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname