Meriahkan Hari Kemerdekaan RI, Polres Nganjuk Bikin Lomba Gapura Unik

Gapura 17 Agustusan tampak terpasang di halaman utama Mapolres Nganjuk (foto : dok. Polres Nganjuk)

Sabtu 17 Agustus 2019
by Panji Lanang Satriadin


matakamera, Nganjuk - Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74, Polres Nganjuk mengadakan lomba pembuatan gapura. Lomba diikuti oleh seluruh Polsek jajaran Polres Nganjuk, di 20 kecamatan.

Lomba yang digelar bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 74 ini pun langsung disambut gembira oleh anggota polsek jajaran. Mereka langsung turun, bahu-membahu mempersiapkan bahan untuk gapura di wilayah kerjanya masing-masing.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta menyampaikan, lomba pembuatan gapura bagi para anggotanya bertujuan menanamkan sikap gotong-royong sesama anggota. Mereka dapat bekerjasama untuk merealisasikan sebuah bangunan gapura.

“Sepintas hanya berupa bangunan gapura, tapi bila dilihat dari proses pembuatannya dibutuhkan kekompakan dan kerjasama yang baik,” jelas Kapolres Nganjuk, ditemui di sela-sela upacara detik-detik proklamasi di lapangan GOR Bung Karno Begadung, Nganjuk, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba, di antaranya keunikan, estetika, dan kreativitas, termasuk kebersamaan dan peran serta masyarakat.

“Meski hasinya bagus, tapi tidak melibatkan masyarakat, ya terpaksa dikurangi nilainya,” jelasnya.
Hanya, Kapolres berharap, melalui lomba gapura tersebut, dapat memupuk rasa nasionalisme yang tinggi, lebih cinta tanah air, menumbuhkan sikap gotong-royong sebagai budaya warisan leluhur.

Sedangkan bagi generasi milenial saat ini, sikap gotong-royong dapat menjadi teladan yang baik, untuk siterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System