Simak 5 Imbauan Pusdalops BPBD Nganjuk Menghadapi Dampak Cuaca Buruk

BPBD nganjuk
Peristiwa tanah longsor di Dusun Makuto, Sawahan, Nganjuk pada 3 Januari 2016 dan banjir besar di Dusun Sawunggaling, Bagor, Nganjuk pada 11 Maret 2016 lalu (foto dok. matakamera.net)
matakamera, Nganjuk - Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui surat nomor KT.304/807/MJUD/IX/2016 tanggal 09 September 2016, perihal Prakiraan Cuaca Jawa Timur Bulan Oktober 2016, pada bulan Oktober 2016 wilayah Jawa Timur sudah memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Pada musim penghujan dan ketika puncak musim hujan yang akan datang, Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk mengimbau kepada masyarakat :

1. Perlu diwaspadai terjadinya angin kencang / puting beliung, petir dan hujan lebat berdurasi singkat yang sporadis. Fenomena ini lazim terjadi pada awal musim atau peralihan musim.

2. Perlu dilakukan antisipasi kemungkinan terjadi bahaya tanah longsor yang dipicu intensitas dan frekuensi hujan yang tinggi dipemukiman penduduk yang berada dilereng perbukitan yang cukup terjal dan jalan yang berada pada lereng perbukitan.

3. Perlu dilakukan antisipasi kemungkinan terjadinya banjir dikawasan yang ditengarai rawan banjir.

4. Perlu dilakukan antisipasi kemungkinan terjadinya pohon tumbang dengan penataan, perempesan, pemangkasan pohon yang rawan/berpotensi tumbang.

5. Perlu dilakukan antisipasi gangguan petir pada alat rumah tangga, misalnya jika ada awan gelap (abu² kehitaman), putuskan antena televisi luar, kalau tidak yakin sistem pengamanan petir berjalan baik.

Pusdalops BPBD Kabupaten Nganjuk
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname