Bikin Heboh di Bulan Suro, Mbah Supani Topo Pendem 3 Hari 3 Malam

Suasana persiapan Mbah Pani melakukan ritual topo pendhem di rumahnya, dibantu beberapa warga (ist)

Selasa 17 September 2019
by Panji LS

matakamera, Pati - Saat ini sedang heboh di dunia maya, bahwa salah satu warga Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang bernama Supani, 70 tahun, yang bersiap-siap melakukan ritual topo pendem (bertapa di dalam kubur).

Ritual langka ini semakin menarik perhatian khalayak, karena dilakukan tepat di tengah-tengah Bulan Suro, bulan yang dikeramatkan di Jawa.


Heboh rencana Supani akan melaksanakan ritual tapa pendem, bermula dari unggahan akun facebook Mas Peno Perlengkapan. Diunggah foto Supani, lengkap dengan seperangkat alat galian kubur, 2 nisan (patok) yang dibungkus kain putih. Serta tanah liat sebesar bola.

Pemilik akun fb menulis "Bissmillah dongone mawon lurr. Nanti mlm habis magrib topo pendem 3 hari 3 mlm bapak supani mburi omahku Bendar Juana mugi diparingi selamet sakabehane lur". Yang langsung mengundang banyak komentar. Ada yang bilang mengerikan, bertanya untuk apa, dan ada juga yang memberikan doa keselamatan.

Bentuk makam/kuburan yang digunakan Mbah Pani untuk melakukan ritual topo pendem (ist)

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly melalui Kapolsek Juwana AKP Eko Pujiono, Senin 16 September 2019 mengaku sudah mendapat pemberitahuan mengenai ritual yang akan dilakukan Supani, dari Kepada Desa Bendar.

"Informasinya, ritual tapa pendem, sudah dilakukan Supani sampai 10 kali. Polsek Juwana akan memberikan pengamanan untuk menjaga ketertiban" kata AKP Eko Pujiono.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname