Nama Cucu Pertama Jokowi Bikin Orang Nganjuk Senyum-Senyum

nganjuk
Jokowi bersama Ita Triwibawati, Ketua TP-PKK Nganjuk, saat berkunjung ke Pasar Sukomoro, April 2014 
matakamera, Nganjuk – “Hehehe..jan ethes tenan!” ucap Sumarno, 45, warga Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur, di ruang tengah rumahnya. Kamis malam 10 Maret 2016, dia tampak terkesan menonton berita di salah satu televisi swasta bersama anak dan istrinya. Kebetulan ada siaran khusus, yang mengabarkan kegembiraan keluarga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), karena baru saja merayakan kelahiran cucu pertama di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo, Jawa Tengah.
Dengan bahasa Jawa, Adi berkomentar sambil tersenyum simpul mendengar siaran pers anak sulung Jokowi,  Gibran Rakabuming Raka saat mengumumkan nama putra pertamanya.  Dalam jumpa pers usai mengantarkan kedua orangtuanya, pengusaha katering muda ini menyebut nama lengkap bayi laki-lakinya: Jan Ethes Sri Narendra.
Istilah ‘Jan Ethes’ memang sudah sangat akrab di telinga orang Jawa. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti sangat atau benar-benar cekatan/lincah. Sebutan itu juga sudah lazim di kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa, biasanya untuk menilai tingkah laku seseorang yang besifat positif, karena tampak selalu cepat dan tanggap dalam pekerjaan. Karena itulah, sepanjang siaran telvisi berlangsung, Adi dan keluarganya terus senyum-senyum seolah ikut merasakan kebahagiaan keluarga besar Presiden Jokowi. “Lucu, unik dan bagus namanya,” komentar Adi kemudian.
Di dunia maya, nama unik cucu pertama Jokowi itu juga membuat jutaan orang tersenyum bahagia. Bahkan sampai menjadi trending topic di Twitter mulai siang sampai tengah malam. Sedangkan nama belakang bayi beruntung itu, Srinarendra, disebut-sebut bermakna Pemimpin yang Cerdas.
Sujiwo Tejo, dalam akun Twitternya yang diunggah Kamis malam (10/3), tidak ketinggalah ikut berkomentar “Di kalangan wayang, begitu dalang melantunkan "Sri Narendrooo" ..sinden2 akan kompak nyahut "Kang Minulyweng Jagad Royo," tulis tokoh budayawan merangkap dalang ini.(ab) 
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System