Tahapan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Nganjuk Dimulai Agustus 2017

nganjuk
Pilkada Kabupaten Nganjuk masuk dalam gelombang ketiga Pilkada Serentak yang akan berlangsung Bulan Juni 2018. KPU Nganjuk mempersiapkan tahapan awal pelaksanaannya mulai pertengahan 2107 (matakamera.net)
Senin, 16 Januari 2017
matakamera, Nganjuk – Sesuai amanat perundang-undangan tentang pelaksanaan pilkada serentak, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) berkewajiban membuat tahapan dan menyusun anggaran untuk persiapan pelaksanaan pilkada. Seperti halnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk, yang menurut jadwal masuk dalam gelombang ke-3 (tiga) bulan Juni tahun 2018.

Terkait hal itu, Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim menjelaskan, pihaknya kini sudah bersiap menyelenggarakan pilkada di Kota Angin 2018, termasuk mempersiapkan tahapannya yang diperkirakan bakal dimulai pertengahan tahun 2017 ini. "Berbagai persiapan sesuai amanat undang-undang sudah kami siapkan. Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk duduk bersama, terutama dalam membahas anggaran pilkada," ujar Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, tahapan awal Pilkada Nganjuk diperkirakan pada Bulan Agustus 2017. Beberapa agenda di tahap awal Pilkada Nganjuk antara lain sosialisasi kepada masyarakat, rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Di bulan yang sama, Agus juga memperkirakan akan terbentuk susunan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Nganjuk yang baru.

Agenda-agenda berikutnya akan terus berjalan sampai Juni 2018, mulai dari pemutakhiran data dan daftar pemilih, penyerahan dan penelitian syarat dan dukungan pasangan calon perseorangan, pendaftaran pasangan calon dari jalur parpol, penetapan pasangan calon, dan masa kampanye.

Agus juga menggarisbawahi, bahwa Pilbup Nganjuk 2018 nanti akan dilaksanakan bersamaan dengan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur. Artinya, dalam sehari pemilih akan memilih dua pasang calon sekaligus, yakni calon Bupati-Wakil Bupati Nganjuk dan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur. “Karena itu KPU Nganjuk juga akan berbagi tugas dengan KPU Jatim, contohnya dalam hal pengadaan logistik pilkada,” tukas Agus.(ab)
(Panji Lanang Satriadin)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System