Ruas Tol Ngawi-Wilangan Dibuka Fungsional untuk Pemudik

nganjuk
Papan petunjuk menjelang masuk jalur tol fungsional Ngawi-Wilangan, dari arah barat atau dari Solo menuju Surabaya (matakamera/ist)
Rabu 21 Juni 2017 
by Panji LS 

matakamera, Madiun - Jalan tol ruas Ngawi-Wilangan secara resmi dibuka bagi pemudik, Selasa 20 Juni 2017. Namun, ruas jalan ini hanya difungsikan saat kondisi di jalan utama Nganjuk-Madiun-Ngawi macet.

Skenarionya, arus kendaraan dari arah barat ke timur dialihkan lewat jalan tol ketika jalan utama sudah overload. “Hari ini  merupakan hari pertama pembukaan jalan tol ruas Ngawi-Wilangan. Seluruh fisik sudah disiapkan dan siap dilalui pemudik,” kata Direktur Teknik PT Ngawi Kertosono Jaya, Yudhi Dharmawan, kepada wartawan Selasa 20 Juni 2017.

Yudhi menuturkan, pihaknya hanya menyiapkan fisik tol tersebut. Untuk fungsionalisasi jalan bebas hambatan itu sepenuhnya diserahkan kepada pihak kepolisian.

Kondisi jalan tol yang difungsikan memang belum selesai dibangun. Namun, ia memastikan infrastruktur jalan tol di ruas tersebut kuat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. “Kami kan memiliki spesifikasi tersendiri mengenai jalan tol. Yang pasti jalan tersebut tidak rusak jika digunakan pemudik,” jelas Yudhi.

Dengan difungsikannya jalur tol Ngawi-Wilangan diharapkab bisa mengurangi beban di ruas jalan nasional sekitar 30 persen sampai 40 persen pada hari sebelum dan setelah Lebaran. Hal ini karena jalan tol fungsional ini mereduksi perlintasan kereta api di tiga lokasi. “Jalan tol ini hanya difungsikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB,” pungkasnya.(ds/ab/2017)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System