Ruang Perinatologi RSUD Kertosono Resmi Beroperasi

Direktur RSUD Kertosono sr Laksomono Pratiknyo, bersama wartawan, Senin 18 November 2019 (ist)

Senin 18 November 2019

matakamera, Nganjuk - Demi meningkatkan mutu pelayanan bidang kesehatan dan dikarenakan banyaknya ibu melahirkan serta dibutuhkan tempat khusus bagi bayi, maka Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kertosono menambah fasilitas ruang perawatan pasien bayi baru lahir yang lazim disebut Ruang Neonatus atau Ruang Perinatologi. Hal itu disampaikan oleh Direktur
RSUD Kertosono, dr.Laksomono Pratiknyo, diruang kerjanya, Senin (18/11/2019) pukul 09.00 wib.

Diterangkan oleh dr.Laksomono, kebutuhan fasilitas ruang khusus bayi baru lahir cukup mendesak dengan banyaknya ibu melahirkan di RSUD
Kertosono. Oleh karena itu dengan dibukanya ruang perinatologi tersebut, diharapkan pelayanan pasien khususnya bayi baru lahir yang punya masalah kesehatan, mendapat penanganan yang lebih baik lagi.

"Ruang rawat inap perinatologi ini secara resminya mulai dibuka dan beroperasi sejak tanggal 11 November 2019 kemarin," terangnya.

Dijelaskan juga oleh dr. Laksomono, ruang perinatologi sendiri merupakan fasilitas rawat inap yang disediakan khusus untuk pasien bayi baru lahir sampai usia 28 hari, yang mempunyai masalah medis atau sakit.

"Namun untuk bayi baru lahir yang sehat, maka bayi tersebut dirawat bersama ibunya atau rawat gabung," jelasnya.

Adapun fasilitas yang disediakan dalam ruang perinatologi ini, masih kata dr.Laksomono, disesuaikan dengan kebutuhan perawatan, yaitu mulai dari bayi baru lahir dengan risiko tinggi, bayi dengan kelainan bawaan sampai dengan bayi sakit.

Sedangkan kriteria bayi yang membutuhkan perawatan khusus adalah bayi lahir bulan yang mempunyai masalah atau kelainan penyerta, bayi lahir kurang bulan (prematur), bayi lahir dari ibu yang mempunyai masalah kesehatan.

"Serta bayi dengan Hyperbilirubin atau dengan infeksi neonatus," katanya.

Sementara itu Hardijono Spsi.,SE.,Msi selaku Humas RSUD Kertosono, memaparkan, telah diketahui bersama bahwa keadaan bayi baru lahir dipengaruhi oleh banyak hal sejak di dalam kandungan ibunya dan selama proses persalinan serta setelah kelahiran.

Dan beberapa masalah itu dapat terjadi pada bayi baru lahir sehingga memerlukan penanganan dan perawatan serta ruangan khusus agar bayi dapat diselamatkan dan mempunyai kualitas hidup yang baik.

"Dan untuk menunjang layanan 24 jam ruang perinatologi, RSUD Kertosono didukung oleh Tim Klinik yang terdiri dari dokter spesialis anak dengan tenaga keperawatan yang terlatih dan siap melayani serta didukung oleh peralatan medik yang memadai," paparnya.

Reporter : Pakde Kamto
Editor : Panji Lanang S
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System