Bahas Tren Gadget Masa Pandemi, Ketua TP-PKK Nganjuk Tekankan Peran Penting Keluarga

Ketua TP-PKK Nganjuk Yuni Sophia mengikuti prosedur pencegahan Covid-19, sebelum mengikuti kegiatan Webinar IDI Nganjuk, Rabu 18 November 2020 (foto : Panji/Humas Pemkab Nganjuk)
Rabu 18 November 2020

matakamera, Nganjuk - Masa Pandemi Covid-19 menjadikan waktu kita lebih banyak di rumah. Hal ini karena sebagian pegawai bekerja di rumah alias work from home, sementara anak-anak juga belajar di rumah.

Kondisi tersebut membuat kesempatan anak-anak untuk mengakses gadget, terutama smartphone menjadi lebih banyak. Karenanya, diperlukan peran aktif orangtua agar gadget dapat dimanfaatkan untuk hal-hal positif.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Rahman Hidhayat, atau Yuni Sophia, dalam webinar Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Nganjuk, Rabu 18 November 2020.

Webinar mengambil tema ‘Dampak Penggunaan Smartphone pada Anak di Era Pandemi Covid-19’, diikuti puluhan orang terutama tenaga kesehatan dan kader PKK.

Dalam paparannya, Yuni menyampaikan bahwa peran keluarga sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti ini. Karena semua orang termasuk anak-anak menggunakan teknologi untuk komunikasi, bekerja, belajar, hingga hiburan, dimana tak hanya manfaat positif namun dampak negatifnya juga banyak sekali.

"Maka untuk mengatasi dampak negatif dalam keluarga, orang tua dapat melakukan manajemen dalam keluarga," kata Yuni kepada puluhan peserta.

Manajemen tersebut bisa meliputi komunikasi efektif, mengubah lingkungan, membiasakan tatap muka, menghindari kekerasan, melakukan win-win solution, alias tidak ada yang menang-kalah, serta koreksi diri untuk orang tua.

Keberadaan gadget smartphone disebut Yuni justru bisa dimanfaatkan orangtua, untuk memberi edukasi kepada anak-anak seputar Covid-19. Antara lain dengan menunjukkan konten-konten sosialisasi protokol kesehatan, penerapan 3 M untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang banyak ditemukan di internet.

Senada dengan Mbak Yuni, dr Arif Subianto, Ketua IDI Cabang Nganjuk berharap para orang tua bisa berhati-hati dalam memberi kebebasan anak untuk menggunakan smartphone.

Pemateri lainnya adalah dokter spesialis anak dr. Yeni Kusumawati, dan dokter spesialis THT dr. Leny Buana.

Reporter : Panji LS
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname