Rangkaian HPN 2021, PWI Nganjuk Tanam Seribu Pohon di Hutan Tritik

Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca saat menerima bibit pohon dari Kajari Nganjuk Firmansyah Subhan, yang juga Pembina Kotasejuk, Sabtu 9 Februari 2021
Sabtu 13 Februari 2021

Upaya Selamatkan Alam Bareng Kotasejuk dan Perhutani Nganjuk

matakamera, Nganjuk – Momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Kabupaten Nganjuk diperingati dengan kegiatan sarat makna dan manfaat. Usai menggelar Khataman Alquran pada Rabu 9 Februari 2021 lalu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk sebagai pelaksana HPN, melanjutkan rangkaian kegiatan dengan penanaman 1.000 pohon, di kawasan hutan Desa Tritik, Kecamatan Rejoso, Sabtu pagi 13 Februari 2021.

Kali ini, PWI Nganjuk bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk (Kotasejuk) dan Perum Perhutani KPH Nganjuk. Relawan gabungan secara bersama-sama menanam pohon trembesi, jambu, dan beragam jenis tanaman bermanfaat lainnya.

Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca mengatakan, aksi penanaman 1.000 batang pohon sengaja dipilih sebagai salah satu mata acara peringatan HPN 2021. Selain menjadi upaya 'sedekah' oksigen di Kota Angin, aksi ini dinilainya juga sebagai salah satu upaya antisipatif terhadap bencana banjir dan tanah longsor.

“Kita ketahui, awal tahun ini Kabupaten Nganjuk beberapa kali dilanda musibah banjir bandang. Adanya penanaman ini bisa menjadi solusi untuk menjaga bumi dan lingkungan dari dampak bencana,” ujar jurnalis Koran Memo tersebut.

Andik juga menyampaikan terima kasih kepada para relawan Kotasejuk dan Perum Perhutani KPH Nganjuk, yang telah bersedia bekerjama membantu suksesnya acara.

Iapun juga berharap, bahwa kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat umum, maupun komunitas serupa di kota lain.

“Ini sekaligus ajakan agar masyarakat membudayakan kembali penanaman pohon, sebagai wujud mencintai alam dan mencegah bencana,” imbuhnya.

Pantauan media ini, sepanjang acara berjalan, seluruh peserta tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19, antara lain dengan mengenakan masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Di tempat yang sama, Pembina Kotasejuk Firmansyah Subhan menyampaikan apresiasi kepada PWI Nganjuk, yang telah ikut memberikan sebuah solusi agar alam Nganjuk menjadi lebih hijau dan asri.

“Momen Hari Pers Nasional tahun ini menjadi jauh lebih bermakna dan bermanfaat, karena kita langsung melakukan aksi nyata, untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam,” ujar Firman, yang juga menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk tersebut.

Ia bercerita, keterlibatannya sebagai Pembina Kotasejuk dilandasari oleh keyakinan bahwa sebagai Kajari Nganjuk, ia juga termasuk bagian dari masyarakat Kabupaten Nganjuk.

“Sebagai masyarakat Nganjuk, kita sama-sama memiliki tanggungjawab untuk menjaga alam dan lingkungan Nganjuk,” ujar Firman. Ia dalam kesempatan tersebut juga sekaligus berpamitan, karena tak lama lagi akan berpindah tugas.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System