Kepala Dispendukcapil Nganjuk Kosong, Pelayanan Masyarakat Terganggu

Anggota DPRD Nganjuk Fauzi Irwana
Selasa 2 Maret 2021

matakamera, Nganjuk - Anggota DPRD Nganjuk Fauzi Irwana mendesak Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat segera menunjuk orang, untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Nganjuk.

Ini setelah pejabat sebelumnya, Zabanudin, memasuki masa pensiun sejak 28 Februari 2021 lalu. Sampai hari ini Selasa 2 Maret 2021, Bupati tak kunjung menunjuk pelaksana tugas (plt) untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

"Padahal kita tahu, bahwa posisi Kepala Dispendukcapil sangat vital. Sehari saja kosong, maka semua urusan pelayanan adminduk masyarakat pasti terganggu. Seperti pengurusan KTP, KK, akta kelahiran, dan lain-lain terganggu karena tidak bisa ditandatangani kepala dinas," ujar Fauzi, dikonfirmasi Selasa 2 Maret 2021.

Fauzi sendiri mengaku merasakan langsung terganggunya pelayanan di Kantor Dispendukcapil Nganjuk. Kebetulan, baru-baru ini ia hendak mengurus dokumen administrasi keluarganya, namun tak bisa langsung terbit karena tidak ada tandatangan dari kepala dinas setempat.

"Ada kepala dinas saja, kita masih harus menunggu beberapa waktu sampai bisa terbit KTP, KK atau akta. Apalagi ini nggak ada kepala dinas, tambah jadi macet semua urusannya," imbuh politisi Partai Demokrat tersebut.

Menurut Fauzi, jika Bupati Nganjuk dan jajarannya di pemda responsif, seharusnya sudah menyiapkan pejabat Plt jauh-jauh hari sebelum pejabat lama pensiun. Sehingga, tidak sampai terjadi kekosongan kursi selama beberapa hari seperti yang terjadi saat ini.

Fauzi mengaku juga sudah menghubungi Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin terkait permasalahan ini, dan sempat mendapat jawaban bahwa prosesnya masih menunggu tandatangan dari Bupati Nganjuk.

"Meskipun sebenarnya sudah terlambat, saya tetap mendesak agar Bupati Nganjuk secepatnya menunjuk pejabat untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Dispendukcapil Nganjuk. Jangan ditunda-tunda lagi karena masyarakat yang dirugikan," tukasnya.

Dikonfirmasi terpisah pada Selasa malam 2 Maret 2021, Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin menyebut bahwa hari ini Bupati Nganjuk sudah menandatangani penunjukan pejabat Kepala Dispendukcapil Nganjuk.

"Ini sudah ditandatangani Bapak Bupati, besok (3/3) sudah ada pejabatnya," ujar Yasin.

Reporter : Panji LS
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname