Dua Hari, Dua Bus Sumber Selamat Celaka di Nganjuk

Bus Sumber Selamat yang terguling di sawah Dusun Awar-Awar, Wilangan, sesaat sebelum dievakuasi oleh Unit Laka Satlantas Polres Nganjuk, Sabtu pagi (13/11/2021)
Sabtu 13 November 2021

matakamera, Nganjuk - Ironis dengan nama armadanya, bus umum "Sumber Selamat" jurusan Solo-Surabaya dua kali mengalami kecelakaan lalu-lintas di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Dua insiden bus milik PT Selamat Sugeng Rahayu itu terjadi hanya berselang sehari, alias dua hari dua kecelakaan.

Yang terbaru pada Sabtu dini hari (13/11/2021), di mana Bus Sumber Selamat nopol W 7295 UP terguling masuk area persawahan, di tepi Jalan Raya Dusun Awar-Awar, Desa Mancon, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk.

Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Indra Budi Wibowo, melalui Kanit Laka Lantas Iptu Sugino mengatakan, peristiwa kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 02.15 WIB.

"Bus melaju dari arah timur ke barat, atau dari arah Surabaya menuju Solo," terang Sugino Sabtu pagi (13/11/2021).

Bus berpenumpang sekitar 30 orang, yang disopiri oleh Imam Hambali, 47, asal Dusun Genuk, Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, Jombang.

"Diperkirakan melaju dengan kecepatan tinggi, saat sampai di TKP (tempat kejadian perkara, red) diduga kurang hati-hati dalam mengendalikan laju kendaraannya tanpa memperhatikan situasi arus lalu lintas dari arah depan, menghindari kendaraan lain (belum diketahui jenisnya) yang berjalan searah di depannya," urai Sugino.

Sopir bus kemudian hilang kendali, sehingga refleks membanting setir ke kiri. Tak pelak, bus langsung oleng dan terguling, hingga nyungsep ke sawah di sisi selatan jalan raya. Lokasinya berada di seberang SPBU Awar-Awar Wilangan.

Sugino menyebut, ada dua korban luka-luka dalam insiden tersebut. Yakni Much. Taufiq, 24, dan Nita Putri Ramadani, 23, keduanya asal Dukuh Masigit PJKA, Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Ia mengalami luka nyeri pada kaki kanan.

"Kedua korban mengalami luka nyeri masing-masing pada kaki kanan dan bahu kiri. Sempat dirawat di Puskesmas Wilangan dan tidak opname," tukas Sugino.

Bus Sumber Selamat juga mengalami kecelakaan di Jalan Raya Dusun Plimping, Baron, pada Kamis siang (11/11/2021)

Sehari sebelumnya, Kamis siang (11/11/2021), bus Sumber Selamat lainnya juga mengalami kecelakaan di
Tkp Jalan Raya Dusun Plimping, Desa Gebangkerep, Kecamatan Baron, Nganjuk.

Iptu Sugino menerangkan, bus bernopol W 7197 UP tersebut terlibat kecelakaan dengan truk nopol S 8359 UL, sekitar pukul 11.30 WIB.

Kronologinya, bus Sumber Selamat yang dikemudikan Puput Eko S, 28, asal Desa Mantren, Kecamatan Karangrejo, Magetan, melaju dari arah timur ke barat dengan kecepatan sedang.

Sampai di lokasi kejadian, di mana sedang ada proyek perbaikan aspal, pengemudi bus diduga kurang menjaga jarak aman dan ruang yang cukup.

"Tepat di tengah jalan ada truk proyek aspal yang parkir dan menarik blangki aspal menghadap ke barat. Karena jarak terlalu dekat sehingga terjadi tabrakan. Bus lalu oleng ke kanan dan menabrak pohon di tepi jalan raya," ujar Sugino.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut.

Januari sampai November, 166 Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan di Nganjuk

Tingginya angka kecelakaan lalu-lintas di Kabupaten Nganjuk menjadi perhatian serius aparat kepolisian setempat.

Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Indra Budi Wibowo, melalui Kanit Dikyasa Iptu Reo Anggar Prabowo dalam keterangan tertulisnya Sabtu (13/11/2021) menyebutkan, selama kurun waktu 1 Januari sampai 10 November 2021 tercatat sebanyak 1.304 kejadian kecelakaan lalu-lintas.

Rinciannya, korban luka ringan sebanyak 1.130 orang, luka berat 8 orang, dan meninggal dunia sebanyak 166 orang. Sedangkan kerugian material mencapai Rp 823.250.000.

"Untuk Bulan November 2021 (sampai tanggal 13) ini tercatat sebanyak 609 kejadian kecelakaan lalu-lintas di wilayah Nganjuk," ujar Reo.

Terkait data tersebut, Reo mengajak masyarakat untuk bersama-sama saling mengingatkan, akan pentingnya berkendara dengan baik dan benar.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu-lintas, disebut Reo antara lain karena faktor kondisi kendaraan, kelalaian manusia, kondisi jalan dan faktor alam.

"Mari bersama-sama kita cegah laka lantas. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan," pungkas Reo.

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System