Penggunaan Vaksin Pfizer di Kabupaten Kediri Dipastikan Aman

Salah satu peserta vaksinasi massal di Balai Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, disuntik vaksin Pfizer dosis pertama (1/11/2021)/matakamera.net - Panji LS
Jumat 12 November 2021

matakamera, Kediri - Program percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kediri salah satunya menggunakan vaksin jenis Pfizer. Sejauh ini, dipastikan tidak efek samping atau kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang dialami penerimanya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri dr Achmad Khotib mengatakan, dari kuota vaksin Pfizer sebanyak 128.700 untuk Kabupaten Kediri, sebanyak 85 persen-nya sudah disuntikkan kepada masyarakat penerima.

Saat ini tersisa 20 ribu dosis atau sekitar 15 persen, yang ditargetkan habis pada 20 November 2021 mendatang.

Di mana, dalam pengamatannya, sejauh ini masyarakat yang sudah disuntik vaksin Pfizer dalam keadaan aman-aman saja, tidak mengalami efek samping berarti.

“Sampai sekarang belum ada laporan KIPI, dari warga yang sudah divaksin (Pfizer),” ujar Achmad Khotib, dalam keterangannya Kamis (11/11/2021).

Untuk diketahui, percepatan vaksinasi di Kabupaten Kediri juga menggunakan beberapa jenis vaksin selain Pfizer. Di antaranya AstraZeneca, Moderna dan Sinovac.

Menurut Achmad Khotib, kemungkinan terjadinya KIPI dipicu daya tahan tubuh penerima vaksin yang berbeda-beda.

Dalam pengamatannya, secara keseluruhan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kediri relatif aman. Adapun rasa nyeri di lengan yang mungkin sempat terasa usai disuntik, menurut Achmad Khotib adalah hal yang wajar.

Lebih lanjut dikatakan Achmad Khotib, secara keseluruhan capaian vaksinasi di Kabupaten Kediri kini sudah 58 persen, untuk dosis pertama. 

"Kami menargetkan capaian 70 persen pada akhir tahun ini," ujar pria yang menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Puji Lestari, 70, lansia peserta vaksinasi Pfizer di Wisata Alaska Desa Tempurrejo, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri mengaku, ia merasa baik-baik saja dan lebih tenang usai menerima vaksin pada Sabtu (30/10/2021).

“Meskipun saya sudah tua, namun karena vaksin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka saya tetap mengikuti vaksinasi,” kata Puji Lestari.

Hal serupa diungkapkan Kepala Desa (Kades) Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kediri, Ruslan Abdul Gani, yang telah sukses menggelar vaksinasi jenis Pfizer untuk 700 warganya pada Senin (1/11/2021).

"Vaksinasi berjalan lancar dan aman. Harapan saya keluarga dan masyarakat Gedangsewu bisa bekerja normal kembali serta berharap covid-19 ini segera berakhir," pungkas Ruslan Abdul Gani.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System