H-1 Nataru, Polisi Tes Urine Awak Bus di Terminal Anjuk Ladang

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang meninjau langsung pelaksanaan tes urine di Terminal Anjuk Ladang, Jumat (24/11/2021)
Jumat 24 Desember 2021

matakamera, Nganjuk - Menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), Polres Nganjuk menggelar tes urine untuk para sopir dan kru bus angkutan umum, di Terminal Bus Anjuk Ladang Nganjuk, Jumat (24/12/2021).

Tes urine pada H-1 Nataru itu dimulai sekitar pukul 09.30 WIB hingga 11.25 WIB, diikuti sebanyak 24 orang awak bus terdiri dari sopir dan kernet. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Operasi Lilin Semeru 2021 Polres Nganjuk.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Natal dan Tahun Baru, untuk antisipasi kepada pemudik agar sopir bus luar kota, dalam provinsi atau ke luar provinsi, diharapkan dalam keadaan normal atau sehat, ujar Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang, yang memimpin langsung operasi tersebut, Jumat (24/12/2021).

Boy menyampaikan, tes urine bertujuan untuk mengantisipasi agar para kru bus tidak ada yang terkontaminasi narkoba. Karena disamping dapat membahayakan diri sendiri, juga dapat membahayakan para penumpang. 

"Dari 24 orang yang telah kita lakukan pemeriksaan, ada satu orang diduga positif. Namun setelah didalami, ternyata yang bersangkutan mengonsumsi jamu tradisional yang mengandung zat seperti kokain. Tapi itu bukan jenis narkoba," terang Boy.

Karena menurut petugas tidak membahayakan, lanjut Om Boy, akhirnya yang bersangkutan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan. Ia juga meminta agar yang bersangkutan tidak lagi mengonsumsi jamu tersebut yang diduga berasal dari Tiongkok.

Selain menggelar tes urine terhadap kru bus angkutan umum, polisi juga membagikan masker kepada para penumpang bus. 

"Kami juga mengimbau kepada para penumpang untuk selalu menjaga protokol kesehatan," pungkas Boy. 

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System