Vaksinasi Capai 70 Persen, Warga Nganjuk Diminta Tetap Disiplin Prokes

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang saat memantau langsung vaksinasi Covid-19 untuk lansia di kampung terpencil Desa Bajang, Kecamatan Ngluyu pada Sabtu (11/12/2021)/matakamera.net - Panji LS
Ahad 12 Desember 2021

matakamera, Nganjuk - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nganjuk saat ini sudah mencapai 70 persen. Ini setelah dalam sebulan terakhir, tim vaksinator yang dimotori Polres Nganjuk melakukan percepatan vaksinasi secara masif.

Namun begitu, warga Nganjuk tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes), karena pandemi belum benar-benar berakhir.

Selain itu, warga yang telah mendapatkan vaksin masih dapat terkena virus Corona.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang mengatakan, memang benar berdasarkan data terkini, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten mencapai 70 persen. Hal itu disebutnya dapat dicapai berkat adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh stakeholder di Kabupaten Nganjuk.

"Namun perlu kita ingat bahwa sebentar lagi ada yang akan merayakan Natal. Selain itu ada pergantian tahun. Karenanya, kita mesti tetap waspada dengan potensi penularan Covid-19 karena aktivitas masyarakat pasti akan meningkat pada periode Natal dan Tahun Baru," kata Boy dalam keterangan pers-nya Ahad (12/12/2021).

Berkaitan dengan Natal, lanjut Boy, saat ini telah dibentuk Satgas Covid-19 di gereja-gereja. Karena itu pihaknya mengharapkan satgas tersebut segera mulai aktif terlibat dalam upaya pengendalian kasus Covid-19.

"Kami berharap Satgas Covid-19 yang sudah dibentuk mulai diaktifkan untuk terus mengingatkan penerapan prokes di setiap kegiatan keagamaan yang tentunya akan meningkat frekuensinya," ucap mantan Tutor Madya Lemdiklat Polri tersebut.

Menurut Boy, bila Satgas Covid-19 gereja mampu memprediksi kerawanan yang ada, maka pihaknya dapat melakukan pencegahan atas segala bentuk ancaman di tempat ibadah. Termasuk potensi peningkatan kasus Covid-19 di periode Natal dan Tahun Baru ini.

"Karenanya, koordinasi di lapangan antara semua pihak mutlak diperlukan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Nganjuk," tukas Boy.

Terpisah, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya mengharapkan berbagai elemen masyarakat ikut menjaga agar tidak terjadi kembali lonjakan kasus Corona di masa perayaan Natal dan Tahun Baru ini.

Selain itu, kata Marhaen, penerapan prokes harus menjadi perhatian karena saat ini pandemi masih berlangsung.

"Marilah para tokoh agama dan pemuka agama, pendeta dan rohaniawan bersama-sama menerapkan dan menegakkan prokes di rumah ibadah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkas Marhaen.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System