PWI Awali Diklat Jurnalistik di SMPN 3 Nganjuk

Pengurus PWI Nganjuk berfoto bersama siswa dan Kepala SMPN 3 Nganjuk, usai menggelar diklat jurnalistik HPN 2022 (8/2/2022)
Selasa 8 Februari 2022

matakamera, Nganjuk - Dalam rangkaian Hari Pers Nasional tahun 2022, PWI Nganjuk menggelar roadshow diklat jurnalistik untuk para pelajar SMP se-Kabupaten Nganjuk.

Diklat perdana digelar di SMPN 3 Nganjuk pada Selasa (8/2/2022).

Ketua PWI Nganjuk Andik Sukaca menuturkan, kegiatan diklat jurnalistik yang bertajuk Roadshow Goes to School ini, digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022.

“Kegiatan diklat ini, menjadi agenda rutin PWI Nganjuk setiap tahun,” tegasnya.

Menurutnya, kegiatan diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan pelajar tentang dunia jurnalistik.

“Kita juga berharap, dengan kegiatan diklat ini dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis siswa,” tukasnya.

Masih menurut Andik, selain diklat jurnalistik, sejumlah kegiatan akan digelar dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022.

“Diantaranya, kegiatan kataman quran, penanaman bibit pohon dan tebar bibit ikan, pengobatan gratis serta deklarasi dan workshop pelopor generasi digital,” pungkasnya.

Diketahui, dalam diklat tersebut, sebagai pemateri yaitu Kasatnarkoba Polres Nganjuk AKP Pujo Santoso memberikan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan Romza wartawan Faktualnews.com menyampaikan materi tentang pengenalan media massa dan teknik reportase.

Lalu, materi tentang teknik penulisan berita disampaikan Muji Hartono wartawan harian Kora Memo dan materi tiga peristiwa bersejarah di Nganjuk oleh Sukadi wartawan NganjukTV.

Pantauan di lokasi acara, peserta diklat tampak antusias mengikuti pelatihan jurnalistik. Pasalnya, tak sedikit dari peserta diklat yang mengajukan pertanyaan layaknya seorang wartawan profesional saat praktik wawancara baik konferensi pers maupun wawancara cegat.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri Kabupaten Nganjuk, Teguh Sudjatmika mengapresiasi kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik bagi pelajar di tingkat SMP.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat, saya mewakili teman-teman MKKS mendukung penuh terselenggaranya acara yang digagas PWI Nganjuk ini,” ujar Teguh yang juga Kepala SMPN 3 Nganjuk tersebut.

Dengan kegiatan ini, menurut Teguh, bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang ilmu jurnalistik kepada anak didik.

“Dalam diklat ini, anak didik akan mendapatkan input ilmu bagaimana cara menulis yang baik dan tentunya mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Teguh juga menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional tahun 2022 kepada seluruh insan pers.

“Semoga, ke depan, jurnalis semakin profesional dan bertaggung jawab dalam menjalankan fungsi dan tugasnya,” pungkasnya.

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System