Atraksi Paralayang di Losari Nganjuk, Disporabudpar Siapkan Jadi Destinasi Wisata Baru

Salah satu atlet paralayang saat mengudara di kawasan perbukitan Desa Losari, Kecamatan Gondang, Nganjuk, Jumat (1/4/2022)
Ahad 3 April 2022

matakamera, Nganjuk - Atraksi olahraga paralayang saat ini tengah disiapkan menjadi destinasi wisata baru Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebagai penggagas, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk melakukan uji coba penerbangan paralayang di kawasan perbukitan Desa Losari, Kecamatan Gondang, pada Jumat (1/4/2022).

Kepala Disporabudpar Nganjuk Gunawan Widagdo mengatakan, uji coba paralayang di Desa Losari ini merupakan terobosan yang dilakukannya, untuk membuat destinasi wisata baru di Kabupaten Nganjuk.

“Untuk memperkaya khazanah wisata olahraga di Nganjuk melalui wisata paralayang,” ujar Gunawan, usai menyaksikan tiga atlet paralayang Jawa Timur sukses terbang di langit Desa Losari, Jumat 1 April 2022.

Sejumlah atlet paralayang bersiap-siap mengudara dari puncak bukit di Desa Losari Gondang

Selain untuk menciptakan destinasi wisata baru, kata Gunawan, uji coba paralayang ini sekaligus untuk memperingati HUT ke-1085 Nganjuk yang jatuh pada 10 April 2022 mendatang.


Gunawan melanjutkan, pihaknya memang sengaja memilih Desa Losari, Kecamatan Gondang, sebagai lokasi uji coba paralayang.

Sebab, di Kecamatan Gondang terdapat Kawasan Industri Nganjuk (KING) dan letaknya sangat strategis.

Dengan karakteristik wilayah Kecamatan Gondang, Gunawan yakin uji coba paralayang ini akan menarik minat wisatawan termasuk pekerja industri.

“Dukungan dari Plt Bupati, Forkopimda, OPD, dan masyarakat Nganjuk sangat penting untuk menyukseskan ini,” ungkapnya.

Ketua Tim Paralayang Jatim, Arifin menuturkan, kegiatan uji coba paralayang di langit Desa Losari berjalan sukses.

Dari hasil tiga kali uji coba, semua atlet bisa terbang dan mendarat dengan sempurna.

“Sukses, tinggal nanti menyiapkan akses jalan, sarana prasarana, dan SDM-nya saja,” sebutnya.

Arifin pun menaruh harapan tinggi olahraga dirgantara khususnya paralayang bisa berkembang di Nganjuk.

“Sehingga dapat melahirkan atlet-atlet paralayang Nganjuk,” ujarnya.

Kepala Desa Losari Mungin menambahkan, pihaknya menaruh harapan besar destinasi wisata paralayang dapat terbentuk di desanya, dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami sangat senang dan mendukung penuh. Harapan kami, wisata rintisan ini bisa berlanjut dan berkelanjutan,” harap Mungin.

“Semoga dengan adanya paralayang, ada peningkatan pemasukan ekonomi desa,” pungkasnya.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System