Semarak HANI 2022, BNNK Nganjuk Gelar Ngontel Massal hingga Atraksi Jaranan

Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto membaur bersama ratusan peserta Ngontel Bareng memperingati HANI 2022 (26/6/2022)
Ahad 26 Juni 2022

matakamera, Nganjuk - Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022 di Kabupaten Nganjuk terasa semarak dan berkesan. Hal ini terlihat dari deretan acara unik dan atraktif untuk memeriahkan hari istimewa tersebut, yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk pada Ahad pagi (26/6/2022), di halaman GOR Bung Karno, Begadung, Nganjuk.

Mengusung semangat "Bersama Wujudkan Kabupaten Nganjuk Bersih dari Narkoba", kemeriahan peringatan HANI 2022 sudah tampak sejak pukul 06.00 WIB. Diawali dengan Ngontel Bareng, di mana sekitar 500 peserta dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Nganjuk dan komunitas gowes lainnya turut ambil bagian dalam kegiatan bersepeda massal tersebut.

Hadir langsung Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir. Bambang Sugiharto, M.Si., Wakapolres Nganjuk Kompol Moh. Asrori Khadafi, S.H., Ketua Kosti Nganjuk Drs Imam Dwianto.

Adapun Rute Ngontel Bareng memperingati HANI 2022 dimulai dari Jalan Barito, lalu berkeliling sejumlah ruas jalan di Kecamatan Kota Nganjuk hingga finish kembali di GOR Bung Karno.

Peringatan HANI 2022 juga disemarakkan dengan pencanangan tiga desa di Kabupaten Nganjuk sebagai Desa Bersinar, oleh BNNK Nganjuk

Acara kemudian disambung dengan atraksi seni jari jaranan alias kuda lumping, yang mampu menyedot animo dari ratusan warga di sekitar lokasi GOR Bung Karno.


Dalam sambutannya, Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si mengatakan, peringatan HANI hendaknya menjadi momentum wujud keprihatinan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta membangun semangat untuk memberantasnya.

Bambang menuturkan, penetapan tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkotika Internasional dilakukan oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), pada 26 Juni 1988 silam. Tanggal tersebut dipilih dengan mengambil momentum sejarah pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok.

"Saat ini terdapat 273 jenis narkoba di dunia. Karena itu melalui momentum HANI 2022 ini, kita tingkatkan komitmen, kolaborasi dan komunikasi untuk menjalankan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) dengan baik, sehingga kasus penyalahgunaan narkoba dapat ditekan," ujar Bambang.

Atraksi jaranan dan barongan semakin memeriahkan peringatan HANI 2022 di GOR Bung Karno Nganjuk 

Ia juga menyebut, dengan digelarnya kegiatan-hari ini, diharapkan mampu memberikan pesan kepada masyarakat, bahwa narkoba masih menjadi bahaya laten yang berada ditengah tengah masyarakat, yang harus diberantas, dihindari, diantisipasi, dan dicegah. Menurutnya, untuk mewujudkan negara yang bebas dari narkoba, diperlukan komitmen bersama semua lapisan masyarakat dan pemerintah. 


"Kalau kita jadi garda terdepan dalam memerangi narkoba, maka bisa dipastikan anak cucu kita akan terbebas dari narkoba, itulah arti penting bagaimana kita harus jadi bagian dalam memerangi narkoba," ujar Bambang.

Mantan Kepala BNN Kota Malang itu juga berharap, terjalin kolaborasi dan sinergi yang semakin erat dari seluruh stakeholder, dalam pencegahan penyebaran dan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu, di kesempatan yang sama juga digelar pencanangan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) Kabupaten Nganjuk, di mana terdapat tiga desa terpilih yakni Desa Waung Kecamatan Baron, Desa Sidokare Kecamatan Rejoso, dan Desa Karangsemi Kecamatan Gondang.

Selain itu, BNNK Nganjuk juga memberikan penghargaan terhadap siswa-siswi yang berhasil memenangkan lomba konten video anti narkoba.

Kategori SMP/Sederajat :

Juara 1: SMPN 2 Lengkong dengan judul "Redup"

Juara 2: SMP Pomosda dengan judul "Sesal"

Juara 3: SMP Bina Insan Mandiri dengan judul "Tak Akan Merubah Apapun"


Kategori SMA/SMK/Sederajat

Juara 1: SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk dengan judul "Getun"

Juara 2: SMKN 1 Tanjunganom dengan judul "Hisapan Terakhir"

Juara 3: SMKN 1 Nganjuk dengan judul "Sesal


Sejumlah doorprize juga diberikan kepada peserta yang memiliki kupon, dan diundi langsung oleh Kepala BNNK Nganjuk.

(Rif/ads/Nji)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System