Bawaslu Nganjuk Susun Indeks Kerawanan Pemilu 2024 bersama Aparat Intelijen

Rakor Penyusunan IKP digelar oleh Bawaslu Nganjuk di Aula Hotel Front One, Jumat (18/11/2022)
Sabtu 19 November 2022

matakamera, Nganjuk - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada pemilu dan pemilihan serentak 2024, bersama aparat intelijen lintas intitusi, Jumat malam (18/11/2022), di Aula Hotel Front One Nganjuk.

Rakor tersebut digelar untuk menghadapi pelaksanaan Pemilu, Pilpres dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Di mana, penyusunannya mengacu kepada potensi kerawanan pada pelaksanaan pilkada 2017 maupun pemilu 2019 silam.


Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kabupaten Nganjuk Abdul Syukur Junaidi mengatakan, penyusunan IKP
menjadi alat proyeksi dan deteksi dini terhadap kemungkinan kerawanan yang muncul, pada penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024 mendatang.

Dalam penyusunannya, lanjut Syukur, Bawaslu Nganjuk melibatkan berbagai pihak. Salah satunya adalah aparat intelijen dari 20 polsek se-Kabupaten Nganjuk, aparat intelijen Polres Nganjuk serta Kodim 0810/Nganjuk.

”Rakor malam ini kami melibatkan kanit intelijen dari masing-masing polsek (di wilayah hukum Polres Nganjuk), sehingga di lapangan bisa optimal bersinergi dengan panwascam. Orang mengatakan, intelijen itu jangankan persoalan kerawanan yang besar-besar, jarum jatuh saja dia pasti tahu," ujar Syukur.

Karena itu, menurut Syukur, dengan menggelar rakor bersama ini, maka diharapkan bisa memadukan potensi yang dimiliki jajaran panwascam dengan aparat intelijen di masing-masing polsek.

Lebih lanjut Syukur mengatakan, dengan digelarnya rakor ini diharapkan bisa ditarik gambaran yang riil, terkait potensi kerawanan yang mungkin bisa terjadi dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak 2024 mendatang.

"Bahan acuannya dari pelaksanaan pemilu sebelumnya. IKP disusun dari yang sudah ada maupun penambahan-penambahan baru. Sebagai contoh penambahannya yakni potensi kerawanan bencana alam. Karena itu malam ini kami juga mengundang BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Nganjuk," tutur Syukur.

Untuk diketahui, Rakor IKP kali ini juga dihadiri oleh jajaran Komisioner Bawaslu Nganjuk, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Panwascam, Kanit Intel Polsek, Intel Kodim, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk dan Kesbangpol Kabupaten Nganjuk.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System