Gerak Cepat Tangani Banjir, Kang Marhaen Datangi Lokasi Dam Sungai yang Jebol

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat terjun langsung ke lokasi dam jebol di Desa Banaran, Pace, Sabtu pagi (19/11/2022)
Sabtu 19 November 2022

matakamera, Nganjuk - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi bergerak cepat menangani bencana banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Pace, Sabtu dini hari (19/11/2022).

Beberapa jam usai kejadian, Kang Marhaen, sapaan akrabnya, terjun langsung mendatangi titik penyebab luapan air bah, yakni Dam Sungai di Desa Banaran, Kecamatan Pace yang jebol. Pintu penyangga dam tersebut hanyut terbawa banjir sekitar pukul 02.33 WIB dini hari usai hujan deras yang mengguyur kawasan setempat.

Di lokasi Dam Banaran, Kang Marhaen didampingi Kepala Dinas PUPR Gunawan Widagdo dan Kepala Dinas LH Subani mengamati dampak kerusakan sekaligus melakukan langkah-langkah penanganan cepat.

Menurutnya, bangunan Dam jebol dipicu hujan deras yang cukup lama. Sedangkan ukuran pintu dam terbilang kecil.

"Ditambah lagi terdapat barongan (rumpun pohon bambu) di kanan-kirinya. Hal ini mempersempit jalan air, sehingga dam tak kuat menampung dan ambrol," kata Kang Marhaen.

Ia mengamati terdapat empat penyangga dam yang putus hanyut terbawa arus.

"Masyarakat agar berhati-hati jika melintasi kawasan yang terkena luapan air sungai ini, utamanya di jalur Patihan-Kecubung," imbuh Kang Marhaen.

Di lokasi yang sama, Kang Marhaen bersama warga kemudian bergotong-royong membersihkan jalanan yang terendam banjir. Adapun solusi teknis akan dibahas lebih lanjut.

"Atas peristiwa bencana alam di musim hujan ini, kami mengimbau agar masyarakat ikut berperan aktif mencegah dan meminimalisir. Antara lain dengan menjaga kelestarian hutan yang ada di atas (Gunung Wilis), serta tidak membuang sampah sembarangan ke sungai," pungkasnya.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System