Tinjau MPLS dan Resmikan Gapura SMPN 4 Nganjuk, Kadindik: Modern Tapi Tak Tinggalkan Budaya

Siswa-siswi SMPN 4 Nganjuk saat pertama kali memasuki gapura/gerbang baru sekolah mereka, usai diresmikan Senin (17/7/2023)
Senin 17 Juli 2023

NGANJUK, matakamera.net - SMP Negeri 4 Nganjuk memulai kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi ratusan peserta didik atau siswa-siswi baru, Senin pagi (17/7/2023). Kegiatan tersebut sekaligus mengawali tahun ajaran baru 2023/2024.

Istimewanya, MPLS di SMPN 4 Nganjuk tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kabupaten Nganjuk Dr. Sopingi A.P, M.M.

Selain meninjau hari pertama MPLS, Sopingi juga berkesempatan meresmikan bangunan gapura atau gerbang baru SMPN 4 Nganjuk.

Kadindik Nganjuk Dr. Sopingi AP, MM didampingi Kepala SMPN 4 Nganjuk Minarti S.Pd, M.Pd dan Ketua Komite, saat meninjau siswa baru yang mengikuti MPLS di dalam kelas

Pantauan matakamera.net, kegiatan MPLS dimulai dengan Upacara Bendera pukul 07.00 WIB. Kepala SMPN 4 Nganjuk Minarti S.Pd., M.Pd., bertindak sebagai pembina upacara, yang diikuti oleh seluruh jajaran guru SMPN 4 Nganjuk.


Sebanyak 290 siswa baru mengikuti upacara dengan masih mengenakan seragam lama mereka di jenjang sekolah dasar (SD), yang berwarna merah-putih.

Para siswa/peserta didik baru SMPN 4 Nganjuk saat mengikuti Upacara Bendera perdana dalam MPLS, Senin (17/7/2023)

"Dengan pelaksanan MPLS ini, diharapkan siswa baru SMPN 4 Nganjuk dapat berinteraksi dengan teman sekolah barunya, juga peraturan serta mengenal guru wali kelas dan jajaran guru pengajar di sekolah," ujar Minarti.


Usai upacara, ratusan siswa baru kelas VII SMPN 4 Nganjuk digiring masuk ke ruangan kelas untuk pertama kalinya, sambil mengikuti arahan dari guru dan pengurus OSIS SMPN 4 Nganjuk.

Sementara di halaman depan sekolah, dilaksanakan prosesi peresmian gapura oleh Kadindik Nganjuk Sopingi, didampingi Kepala SMPN 4 Nganjuk Minarti dan Ketua Komite SMPN 4 Nganjuk Maksum.

Kadindik Nganjuk dan Kepala SMPN 4 Nganjuk memotong pita ssbagai tanda diresmikannya gerbang baru

Peresmian diawali dengan selamatan dan doa bersama. Di mana, terdapat hidangan jajanan pasar sebagai simbol rasa syukur atas terselesaikanya bangunan megah tersebut.


Berikutnya, Kadindik Nganjuk didampingi Kepala SMPN 4 Nganjuk dan Komite memotong pita di pagar gapura, sebagai simbol peresmiannya.

"Kami dari Komite SMPN 4 Nganjuk memang sudah lama menginginkan pembangunan gerbang sekolah yang megah dan indah. Ini sebagai wajah sekolah kita. Apalagi letak SMPN 4 Nganjuk memang pas berada di jalur masuk Tol, jadi harus tampak bagus dan layak dipandang," ujar Maksum, Ketua Komite SMPN 4 Nganjuk.

Kadindik Dr Sopingi AP, MM, saat melakukan peninjauan lingkungan sekolah didampingi Kepala SMPN 4 Nganjuk Minarti S.Pd, M.Pd.

Kepala SMPN 4 Nganjuk Minarti S.Pd, M.Pd, mengatakan, terselesaikannya pembangunan gerbang atau gapura baru tersebut sepenuhnya merupakan sumbangsih dana peran serta masyarakat (PSM) kelas VIII.


"Alhamdulillah, terima kasih atas dukungannya sehingga pembangunan gerbang baru ini benar-benar bisa terwujud," ujar Minarti.

Menurut Minarti, setelah tuntas pembangunan gerbang ini, berikutnya SMPN 4 akan membangun sanggar prestasi, yang rencananya akan ditempatkan di lantai 2 di atas gedung utama.

"Sanggar prestasi tersebut akan digunakan untuk melatih dan menggembleng siswa sesuai minatnya, di mana pelatihannya dipusatkan setiap hari Rabu," ujar Minarti.

Sementara itu, Kadindik Nganjuk Sopingi merasa bangga sekaligus mengapresiasi pembangunan gerbang baru SMPN 4 Nganjuk tersebut.

"Megah, arsitekturnya modern, tetapi tetap tidak meninggalkan budaya asli dengan adanya ornamen gunungan Jawa. Ini mengajarkan anak-anak untuk ikut melestarikan budaya trasidisional kita," ujarnya.

Menurut Sopingi, gerbang atau gapura sekolah bukan sekadar bangunan pelengkap. Melainkan wajah depan sekolah yang bisa menjadi penyemangat.

"Kalau gapuranya megah dan indah begini, anak-anak semangatnya akan tumbuh. Setiap noleh melihat gapura ingin cepat-cepat datang kembali ke sekolah. Guru-guru juga semakin betah," ungkap Sopingi.

Usai peresmian gapura, Sopingi didampingi Kepala SMPN 4 Minarti sempat berkeliling ke beberapa kelas yang diisi siswa baru yang mengikuti MPLS. Ia sempat memberikan wejangan dan motivasi, agar bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu dan berlomba-lomba mengukir prestasi di SMPN 4 Nganjuk.

Rif/Pas/2023
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System