HUT ke-78 TNI, Pj Bupati Nganjuk Ajak Perkuat Sinergi dan Sukseskan Pemilu 2024

Pj Bupati Nganjuk, Dandim dan jajaran Forkopimda meresmikan Pos Jaga Kodim 0810/Nganjuk, pada momentum HUT ke-78 TNI, Kamis (5/10/2023)
Kamis 5 Oktober 2023

NGANJUK, matakamera.net - Dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kamis (5/10/2023), Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengajak jajaran Kodim 0810/Nganjuk untuk memperkuat sinergi dengan Forkopimda. Serta, bersama-sama mengawal dan menjaga suksesnya Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Handoko, saat menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI, di halaman makodim 0810/Nganjuk, bersama jajaran Forkopimda lainnya.

"Sinergi TNI, Polri dengan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang berjalan sukses, aman, damai dan kondusif," ujar Bupati Handoko.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna secara langsung menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh keluarga besar TNI yang genap berusia 78 tahun.

Handoko mengapresiasi kesuksesan serta prestasi TNI dalam menjaga pertahanan NKRI dan jiwa kemanunggalannya kepada masyarakat.

"Selamat HUT TNI ke-78. Terima kasih selama ini telah menunjukkan sinergitas yang luar biasa dari TNI Indonesia, semoga TNI semakin jaya," kata Handoko.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Tri Joko Purnomo mengatakan, peringatan HUT TNI tahun ini mengusung tema, 'TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju' yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan sejahtera. 

Forkopimda Nganjuk berfoto bersama para veteran dan purnawirawan TNI, yang menerima tali asih HUT ke-78 TNI

"Tema ini diangkat karena tantangan yang akan dihadapi dalam waktu dekat ini, yakni terkait pesta demokrasi pemilihan umum serentak, dimana akan dilakukan pemilihan di 548 daerah yaitu 38 provinsi, 415 kabupaten, dan 98 kota madya," ungkap Tri.


Tri mengatakan, TNI berkomitmen dalam menjaga keamanan dan kelancaran pemilu 2024 agar berlangsung dengan aman, damai, dan tertib.

Caranya, kata Tri, pertama dengan meningkatkan terus keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas. Kemudian yang kedua, memegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib Prajurit TNI, jaga kemanunggalan dan kepercayaan masyarakat.

"Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI, ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap serta bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini. Keempat, jalin komunikasi kerjasama dengan POLRI, kementerian, lembaga, dan komponen lainnya demi tercapainya stabilitas yang aman. Kelima, jaga nama baik di manapun berada selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum," tukas Tri Joko.


Untuk diketahui, rangkaian HUT ke-78 TNI di Nganjuk juga dimeriahkan dengan peresmian wajah baru pos jaga Kodim 0810/Nganjuk  pertunjukan pencak silat oleh organisasi IPSI Nganjuk, pemotongan tumpeng oleh Dandim 0810/Nganjuk, penganugerahan tanda kehormatan RI berdasarkan keputusan Presiden RI kepada 3 prajurit TNI, serta penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba karya tulis dan fotografi.

Rif/Pas/Adv/2023
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System