Jaring Talenta Unggul di Bidang Seni Budaya, Dinas Pendidikan Nganjuk Gelar FLS2N Jenjang SMP sederajat 2024

FLS2N jenjang SMP Kabupaten Nganjuk digelar di SMPN 3 Nganjuk, Selasa (4/4/2024)
Rabu 1 Mei 2024

NGANJUK, matakamera.net - Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk sukses menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tingkat Kabupaten Nganjuk, Selasa (30/4/2024).

Acara ini bertujuan untuk menjaring talenta-talenta muda yang unggul di bidang seni budaya, khususnya siswa SMP/MTs dan sederajat.

Ajang bergengsi tersebut digelar di SMP Negeri 3 Nganjuk, Jalan Veteran Nomor 41, Kelurahan Ganungkidul, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, dengan diikuti peserta siswa dari berbagai SMP, MTs dan sekolah sederajat lainnya di Bumi Anjuk Ladang.

Untuk diketahui, ada beragam bakat seni budaya yang ditampikan dalam ajang FLS2N di SMPN 3 Nganjuk ini. Di antaranya seni ilustrasi digital, musik tradisional, menyanyi solo, pantomim, tari kreasi hingga ansambel campuran.


Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Nganjuk Teguh Sudjatmika S.Pd., M.Pd., mengatakan, perlombaan ini digelar secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat pusat.


"Karena itu, peserta yang meraih juara 1 dalam FLS2N tingkat Kabupaten Nganjuk ini nanti akan dikirim mengikuti perlombaan serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur. Kalau berhasil juara lagi maka naik ke FLS2N tingkat nasional," terang Teguh yang juga menjabat Kepala SMPN 3 Nganjuk, tuan rumah gelaran FLS2N tersebut.

Menurut Teguh, lomba di bidang seni budaya ini sangat penting, karena mencerminkan bahwa pembinaaan ekstrakurikuler di sekolah sangat menonjol.

"Jadi kalau sekolah tersebut banyak juaranya dari cabang-cabang yang dilombakan dalam FLS2N ini, maka pembinaan non-akademiknya bagus," ujarnya.

Ketua MKKS SMP Kabupaten Nganjuk Teguh Sudjatmika S.Pd, M.Pd., yang juga Kepala SMPN 3 Nganjuk tempat penyelenggaraan FLS2N SMP 2024 

Teguh berharap, anak-anak yang tidak terlalu menonjol prestasinya di bidang akademik, bisa mengembangkan bakat lainnya yang dimiliki seperti menyanyi, menari, pantomim, bermain musik dan lain sebagainya.


"Itu semua ada manfaatnya di masa depan. Karena itu saya berharap para juri bisa memberi penilaian secara jujur. Fairplay. Yang bagus ya jadi juara," ucap Teguh.

Di kesempatan yang sama, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Nganjuk Munawir S.Pd., menjelaskan, peserta yang mengikuti FLS2N tingkat kabupaten ini harus sudah mengikuti seleksi di sekolah masing-masing.

"FLS2N tingkat Kabupaten Nganjuk rutin digelar setiap tahun, dengan perubahan dan penambahan cabang yang dilombakan," ujar Munawir.

Pihaknya sengaja menggelar perlombaan ini pada 30 April 2024, karena harus memastikan bahwa seluruh peserta lomba sudah terdaftar di Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud RI.

"Kita berharap dari perlombaan yang digelar hari ini, bisa mengantarkan peserta berlaga di tingkat provinsi hingga nasional," kata Munawir.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Munawir S.Pd.

Lebih lanjut Munawir menjelaskan, di era Kurikulum Merdeka ini, menjadi sebuah keharusan untuk menggali potensi siswa berdasarkan bakat atau passion masing-masing.


"Dan (FLS2N) ini menjadi salah satu instrumen yang bisa dikembangkan dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Nganjuk DR. Sopingi A.P., M.M., mengatakan, FLS2N tingkat SMP/MTs dan sederajat ini menjadi sarana identifikasi dan pengembangan talenta anak didik di bidang seni dan budaya.

Hal ini menurutnya menjadi bagian penting dari pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, dalam menatap persaingan dunia.

"Di mana hal itu bertumpu pada inovasi dan kreativitas berbasis khazanah budaya adiluhung bangsa," ujar Sopingi.

Sopingi mengatakan, penjaringan talenta unggul di bidang seni budaya menjadi salah satu kunci Indonesia bisa berjaya di masa depan.

"Perwujudan upaya tersebut salah satunya dengan menyelenggarakan ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau FLS2N setiap tahun," pungkasnya.

Rif/Pas/adv/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System