Libatkan Seluruh Civitas Hospitalia, RSD Nganjuk Buktikan Komitmennya Bangun Zona Integritas WBK dan WBBM

Petugas RSD Nganjuk saat melakukan Public Campaign Pembagunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM kepada masyarakat
Kamis 13 Juni 2024

NGANJUK, matakamera.net - Rumah Sakit Daerah (RSD) Nganjuk membuktikan komitmen dan totalitasnya, dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Keseriusan tersebut salah satunya ditunjukkan melalui penyiapan bekal bagi seluruh civitas hospitalia, agar benar-benar siap menjalankan zona integritas WBK dan WBBM di lingkungan RSD Nganjuk.

"Pembekalan diberikan langsung oleh tim aparat pengawas internal pemerintah (APIP), dalam hal ini Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk, melalui bimbingan teknis yang diikuti oleh seluruh civitas hospitalia beberapa hari yang lalu (Senin 3 Juni 2024)," ujar Direktur RSD Nganjuk dr Tien Farida Yani MMRS., dalam keterangan pers-nya Jumat (7/6/2024).

Selain bimbingan teknis, lanjut dr Tien, jajaran RSD Nganjuk juga telah melaksanakan Public Campaign atau sosialisasi secara terbuka kepada masyarakat. Public Campaign dilakukan di tengah keramaian pelayanan RSD Nganjuk, di mana petugas berinteraksi langsung dengan masyarakat.

RSD Nganjuk mendatangkan tim Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk untuk memberikan bimtek pembangunan Zona Integritas kepada civitas hospitalia, Senin (3/6/2024)

Melalui sosialisasi lisan dan pembagian brosur kepada pengujung dan pasien, petugas menjelaskan apa itu Zona Integritas menuju WBK dan WBBM yang baru-baru ini dicanangkan oleh RSD Nganjuk.


"Agar masyarakat mengetahui bahwa pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sejatinya adalah bagian dari upaya percepatan reformasi birokrasi. Di mana, tujuannya mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien. Serta mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas khususnya di lingkungan RSD Nganjuk," urai dr Tien Farida Yani.

Lebih lanjut dikatakan dr Tien, pembangunan Zona Integritas di lingkungan RSD Nganjuk juga menjadi bentuk komitmen instansinya, dalam memberikan pelayanan terbaik dan selalu memperhatikan keselamatan pasien.

"Insya Allah seluruh civitas hospitalia RSD Nganjuk siap menjalankan amanah menjadi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, dengan dukungan dari masyarakat dan seluruh pihak terkait," imbuhnya.


Layanan Kesehatan Lebih Mudah dengan Inovasi Help Desk RME "Help Me D'Enik"

Layanan yang berkualitas menjadi bagian penting dari suksesnya penerapan Zona Integritas. Karena itu, RSD Nganjuk terus berupaya membuat terobosan agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.

Yang terbaru, RSD Nganjuk meluncurkan inovasi bernama Help Me D'Enik, pada 25 Mei 2024 lalu. Ini adalah Help Desk rekam medis berbasis elektronik (RME), yang berfungsi untuk mengetahui hasil rekam medis secara digital.

Dr Tien menjelaskan inovasi Help Me D'Enik kepada Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna (25/5/2024)

“Help Me D'Enik dibuat agar data rekam medis pasien dapat terintegrasi dan mudah untuk diakses.
Masyarakat dapat mengaksesnya tanpa harus bolak-balik ke rumah sakit,” terang Direktur RSD Nganjuk dr. Tien Farida Yani.

Menurut dr Tien, platform rekam medis digital ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya mutu pelayanan kesehatan lebih terjamin, memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan dan pengelolaan rekam medis, menjamin keamanan, kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan data rekam medis.

Selain itu, juga untuk mewujudkan penyelenggaraan dan pengelolaan rekam medis yang berbasis digital dan terintegrasi.

"Ada berbagai menu layanan bisa diakses oleh masyarakat melalui Help Me D’Enik, mulai dari registrasi pasien, distribusi data rekam medis elektronik, pengisian informasi klinis dan pengolahan informasi rekam medis elektronik," terang dr Tien.

Selain itu, lanjutnya, juga ada menu penginputan data untuk klaim pembiayaan, penyimpanan rekam medis elektronik, penjaminan mutu rekam medis elektronik,  hingga transfer isi rekam medis elektronik.

Inovasi inipun mendapat apresiasi khusus dari Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna, saat berkunjung ke RSD Nganjuk, Sabtu (25/5/2024). Menurutnya, masyarakat menjadi sangat terbantu dalam mengakses rekam medis.

"RSD Nganjuk harus terus membuat inovasi-inovasi untuk memudahkan masyarakat dan mengoptimalkan kualitas layanan," pungkas Sri Handoko Taruna.

Rif/Pas/adv/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System