Pelihara Ikan Raksasa ? Siapa Takut

jombang
pemilik ikan raksasa masudin tunjukan peliharaanya
matakamera, Jombang - Memelihara ikan hias di rumah mungkin sudah biasa, bagaimana jika ikan yang anda pelihara adalah ikan raksasa yang panjangnya mencapai lebih dari 2 meter?? Ya, demi hobi memelihara ikan-ikan raksasa seorang pria di Jombang Jawa Timur rela merogoh koceknya hingga ratusan juta rupiah untuk mendapatkan koleksi ikan raksasa jenis arapaima dari sungai Amazon. Sama seperti hewan buas, memelihara ikan raksasa ternyata juga sangat rumit, kalau sudah mengamuk akan sangat berbahaya.

Adalah Masudin, seorang pemelihara ikan Arapaima di Desa Banyuarang Kecamatan Ngoro Jombang mengaku tertarik memelihara dan membudidayakan ikan ini karena ukurannya bisa sangat besar, bisa mencapai lebih dari 2 meter. Sebelumnya Masudin termasuk pecinta ikan hias, namun sejak mengetahui keberadaan ikan Arapaima langsung tertarik memelihara dan membudidayakan ikan raksasa ini. Sebab di daerah asalnya sendiri, karena maraknya perburuan, ikan Arapaima yang panjangnya mencapai lebih dari 2 meter sudah termasuk langka.

Selama 2 tahun memelihara ikan Arapaima, panjang ikan yang terbesar kini sudah mencapai 2,20 meter dan bobotnya sekitar 1,5 kwintal. Sedangkan yang terkecil panjangnya 1,5 meter. Karena ukurannya yang sangat besar untuk merawat ikan arapaima, menurut Masudin tidak mudah, apalagi kalau sudah mengamuk kita bisa di buat lari ketakutan.

Untuk mengangkatnya saja tidak bisa dilakukan sendiri harus dibantu oleh 2 hingga 5 orang. Sedangkan untuk memberi makan 8 ekor Arapaimanya, Masudin harus menyediakan sedikitnya 5 kilogram ikan lele setiap hari atau perbulan butuh biaya makan sekitar 3 juta rupiah.

Untuk perawatan sehari-hari kita juga harus rajin memeriksa kualitas air agar ikannya tidak terkena penyakit jamur. Sesuai dengan ukurannya yang sangat besar harga ikan Arapaima juga cukup mahal antara 30 hingga 50 juta rupiah perekor. Meski tergolong mahal namun bagi para penggemarnya memelihara ikan raksasa Arapaima memberikan kebanggaan tersendiri

"perawatannya agak sulit yang terpenting kita kontrol dari sirkulasi air selalu jernih tidak mengandung virus, tapi biasanya virus termasuk kulitnya terkelupas, jamuran, semacam itu, jadi kalau seperti itu kita konsultasi pada yang ahli, kita datangkan biasanya cukup dikasih garam sama pupuk urea, ini ukuran waktu kita beli masih 1 meter satu hari 8 ikan sekitar 5 kilo,”ujar Masudin.

Bagaimana? Anda tertarik menghiasi rumah anda dengan ikan raksasa asal sungai amazon amerika ini??. (as)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname