Tradisi clorotan,tradisi unik tangkal petir

jombang
warga gelar tradisi clorotan di makam
matakamera,Jombang - Banyak cara dilakukan warga untuk terhindar dari berbagai bencana yang biasa terjadi pada musim penghujan. Di Jombang Jawa timur ratusan petani sebuah desa menggelar
tradisi tahunan clorotan tolak petir untuk mengawali musim tanam. Tradisi tersebut bertujuan untuk menghindarkan warga khususnya petani yang saat pergi ke sawah di musim penghujan agar diberi keselamatan tidak tersambar petir.

Ratusan petani Dusun Banjarsari Desa bareng Kecamatan bareng berduyun-duyun ke lokasi pemakaman desa setempat untuk menggelar tradisi clorotan. Dalam tradisi tahunan ini warga menyiapkan sejumlah jajanan pasar khususnya tiga jenis jajanan yakni kue clorot, brondong dan kue pasung. Sebelum tradisi dimulai warga berziarah dan berdoa di makam para leluhurnya.

Tradisi tersebut dinamakan demikian memiliki makna bahwa clorot berarti kilat petir atau halilintar, brondong bermakna dentuman bertubi-tubi, dan pasung berarti ketika petir menyambar akan busung atau tidak mengenai petani yang bercocok tanam. Sesepuh desa pun mengaku tujuan dilakukannya tradisi clorotan tolak petir ini adalah agar diberi keselamatan. Khususnya warga yang mayoritas bekerja sebagai petani dan bercocok tanam di sawah di musim penghujan kali ini agar terhindar dari sambaran petir.

”ritual untuk minta keselamatan masyarakat Banjarsari dinamakan ritual clorotan agar petir tidak mengenai petani saat bercocok tanam,”jelas Subheki tokoh masyarakat setempat.

Tradisi clorotan tolak petir yang digelar ratusan warga banjarsari ini berlangsung sederhana. Usai berdoa bersama warga pun menyantap jajanan clorot yang berarti petir secara beramai-ramai. (as)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname