Keren! Anak-Anak SMA Dibekali Ilmu Tertib Lalu Lintas dan Beladiri Anti Pelecehan Seks

Apel Patroli Sekolah
Atraksi dalam kegiatan Apel Besar Patroli Keamanan Sekolah yang digelar Polres Nganjuk, mampu memukau ratusan peserta dari berbagai SMA di Kabupaten Nganjuk
matakamera, Nganjuk - Polres Nganjuk, Jawa Timur, punya inovasi baru untuk menghadapi aneka permasalahan hukum dan kejahatan jalanan yang marak akhir-akhir ini. Khususnya, yang sering dialami oleh kalangan remaja dan siswi SMA seperti ancaman pelecehan seksual. Bentuknya berupa pembekalan ilmu beladiri khusus anti-kekerasan seksual, yang diperagakan langsung oleh para anggota polwan dan polki di halaman Mapolres Nganjuk, Kamis pagi 26 Mei 2016.
Acaranya dikemas secara menyatu, melalui kegiatan Apel Besar Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2016 sekaligus peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016.  Tidak kurang dari 388 siswa dan siswi dari berbagai SMA se Kabupaten Nganjuk yang menjadi peserta dalam apel besar tersebut. Hadir pula pejabat Forpimda Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Nganjuk, para kepala SMA se-Kabupaten Nganjuk, pejabat teras Polres Nganjuk, Kapolsek jajaran Polres Nganjuk dan stake holder lainnya. "Dalam kegiatan ini, Polres Nganjuk bekerja sama dengan Disdikpora Kabupaten Nganjuk," urai Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Christopher Adikhara Lebang, SIK.
Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Wakapolres Nganjuk Kompol Dony Setyawan Handaka, S.IK, mewakili Kapolres AKBP Muhammad Darwis yang saat ini sedang menjalankan ibadah Umroh. Di tengah apel, sempat dilakukan penyerahan cinderamata dari Kapolres Nganjuk kepada Kepala Disdikpora Nganjuk, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakapolres Kompol Dony Setyawan Handaka dan Sekretaris Disdikpora Ibnu Hajar. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada seluruh peserta yang diwakili oleh Kepala Sekolah SMA Negeri Ngronggot.
Pantauan tim matakamera.net, banyak suguhan dan atraksi memukau selama apel berlangsung. Yakni, baik yang ditampikan oleh anggota Polres Nganjuk sendiri maupun peserta dari kalangan anak-anak SMA. Mulai dari  peragaan PBB Kreasi dari tim SMAN 2 Nganjuk, lalu disusul atraksi beladiri PKS khusus anti pelecehan seks, hingga atraksi gerakan 12 pengaturan lalu-lintas dan senam lantas massal diikuti seluruh peserta apel. Tak pelak, beragam penampilan memukau itu mendapat sambutan meriah dan tepuk tangan riuh dari seluruh peserta dan tamu undangan.
Di sela acara Kasatlantas AKP Christopher Adikhara Lebang menjelaskan, bahwa tujuan utama Apel Besar PKS di Polres Nganjuk, adalah agar para anggota PKS yang sudah dilatih oleh tim dari Satlantas Polres Nganujk bisa menjadi pelopor disiplin berlalu lintas. Di antaranya dengan kegiatan nyata seperti membantu penyeberangan di depan sekolah masing-masing, dengan uniform atau seragam PKS baik pagi maupun saat pulang sekolah. "Sekaligus menjadi contoh kepada teman-temannya, agar sama-sama menjadi pelopor tertib berlalu-lintas," tandas Kasatlantas.(ab/adv)

Editor : Panji Lanang Satriadin
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System