Kemendikbud Sisir Jejak Jenderal Soedirman di Yogyakarta-Pacitan-Nganjuk, Berakhir di Monumen Dr Soetomo Loceret

Nganjuk
Pertunjukan tari kolaborasi Borneo menjadi penutup rangkaian kegiatan Lasenas 2016, di Monumen Dr Soetomo Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Nganjuk, Jawa Timur, Kamis 28 Juli 2016 (matakamera.net)
matakamera, Nganjuk – Agenda nasional Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) XIV tahun 2016 resmi ditutup oleh pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Museum Dr. Soetomo, Nganjuk, Jawa Timur, pada Kamis 28 Juli 2016.
Dalam kegiatan penutupan tersebut, Kasubdit Sejarah Nasional Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Amurwani Dwi Lestariningsih menyampaikan, bahwa acara tersebut direspon positif oleh peserta yang terdiri atas pelajar dan pengajar SMA/SMK atau setingkatnya. "Diharapkan para peserta bisa menyampaikan apa yang sudah didapat selama lawatan kepada semua orang di sekitarnya," ujar Amurwani.

Lasenas tahun ini bertemakan "Satu Abad Jenderal Soedirman Mengukuhkan Karakter Bangsa" dan memiliki agenda utama menyusuri jalur perang gerilya yang dilakukan Jenderal Soedirman saat menghadapi agresi militer Belanda II.

Amurwani menjelaskan, kegiatan ini ingin memaparkan bahwa Jenderal Soedirman merupakan sosok yang patut dikagumi karena memiliki rasa empati tanggung jawab, rela berkorban dan pantang menyerah selama berjuang. "Selain itu beliau juga orang yang taat dalam beragama, tetap menjalankan perintah-Nya meskipun dalam kondisi perang," tuturnya menegaskan.

Dengan begitu, kata Amurwani melanjutkan, perpaduan antara perjalanan menyisir rute gerilya dan pemaparan sifat teladan Jenderal Soedirman diharapkan bisa ditiru oleh para peserta dan menyebarkannya kepada orang lain.

Lasenas XIV juga difokuskan untuk mengunjungi tempat-tempat  bersejarah yang menjadi jalur gerilya Jenderal Soedirman serta bertemu dengan sejumlah tokoh yang terlibat langsung atau memiliki pengetahuan tentang tokoh besar nasional tersebut.

Objek lawatan yang dikunjungi di Yogyakarta dalam agenda tersebut antara lain Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman, Makam Jenderal Soedirman dan Museum Benteng Vredeburg.

Di Pacitan (Jawa Timur), lokasi yang telah dikunjungi sebagai obyek lawatan antara lain Museum Rumah Tinggal Jenderal Soedirman dan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sedangkan di Nganjuk (Jawa Timur), lokasi yang dikunjungi yaitu lokasi penyusunan strategi Jenderal Soedirman di Bajulan dan Museum tempat kelahiran Dr Soetomo.(ab)

Sumber : Antara

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System